Resep Bubur Sumsum yang Mudah dan Simple

Resep Bubur Sumsum yang Mudah dan Simple - Camilan seperti pudding ini yang secara lokal dikenal sebagai bubur sumsum biasanya lebih populer di setiap bulan Ramadhan. Sebagian besar orang menjadikan bubur sumsum sebagai hidangan berbuka saat puasa, tapi jika di hari hari biasa bubur sumsum ini biasanya dijadikan menu sarapan pagi.

Lembut, halus dan manis, sempurna untuk meningkatkan kadar gula darah setelah puasa ataupun menggugah semangat pagi tanpa membuat kita kenyang. Bubur sumsum ini terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan santan, sedikit gula dan ekstrak pandan atau vanila untuk aroma yang harum.

Bubur tersebut tidak memiliki banyak rasa, hanya sedikit gurih. Rasanya berasal dari sirup gula aren, manis, gelap dan kental, sungguh kombinasi yang sempurna jika keduanya digabungkan. Biasanya, bubur sumsum ini disajikan selagi hangat, tetapi sekarang banyak juga yang menjual bubur sumsum ini secara dingin menggunakan es dan beberapa topping lain.

Karena bubur ini hanya terbuat dari tepung beras, santan, gula aren, dan sedikit garam, maka bubur sumsum ini aman untuk orang-orang dengan diet bebas gluten dan / atau diet bebas susu. Makanan penutup yang benar-benar sederhana dan lezat yang harus anda coba.

Proses pembuatan pudding ini cukup mudah dan hanya beberapa langkah saja, jika anda ingin mencoba membuat bubur sumsum yang lezat ini dirumah, kami telah menyiapkan cara buat bubur sumsum yang akan membantu anda sebagai berikut :

Resep Bubur Sumsum yang Mudah dan Simple 

Bahan Bahan :
- 100 gram tepung beras

- 650 ml santan (200 ml santan murni + 450 ml air)

- 1 sendtok teh ekstrak vanilla

- ¼ sendok the garam

- 100 gram gula aren

- 100 ml air

- 1 sendok makan gula pasir

- 1 daun pandan (atau 1 sendok teh ekstrak vanila)

- sejumput kayu manis bubuk

Langkah Langkah Membuat Bubur Sumsum yang Mudah dan Simple

  1. Bagilah santan menjadi dua. Satu bagian dalam mangkuk dan satu bagian dalam panci. Cara ini dilakukan agar bubur sumsum tersebut memiliki tekstur yang lembut dan halus. Opsi campuran santan dia atas merupakan pilihan tergantung selera. Jika anda ingin menggunakan 650ml santan murni tidak akan menjadi masalah.
  2. Campur santan dalam mangkuk dengan tepung beras. 
  3. Didihkan santan di dalam panci, bumbui dengan sedikit garam dan ekstrak vanilla agar aroma yang dihasilkan sangat wangi dan menggugah selera. 
  4. Saat mendidih, tambahkan santan dan campuran tepung beras ke dalam panci. Dalam langkah ini pastikan bahwa tidak ada tepung beras yang menggumpal dengan cara sedikit mengaduknya. 
  5. Kecilkan api dan aduk terus sampai bubur tersebut mengental dan tercampur rata. 
  6. Jika sudah tercampur rata dan mengental, berarti bubur sumsum sudah matang. Angkat dari kompor. 
  7. Untuk cara pembuatan sirup gula aren, campur semua bahan seperti gula aren, air, gula pasir, daun pandan, dan kayu manis dan kemudian didihkan. Sirup gula aren ini matang ketika semua bahan sudah meleleh dan tercampur rata. 
  8. Untuk menyajikannya, ambil bubur tersebut dari panci dan tambahkan sirup gula aren tersebut sesuai selera. 
  9. Jika anda menyukai makanan atau camilan dingin, anda juga bisa memberi beberapa es batu yang berukuran kecil kedalam mangkuk bubur sumsum tersebut. 
  10. Bubur Sumsum yang manis dan lembut ini siap disantap bersama keluarga ataupun kerabat.
Demikianlah informasi kuliner seputar Resep Bubur Sumsum yang Mudah dan Simple yang bisa dipraktekkan. Selamat berkreasi!
SHARE

admin

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

0 Comments:

Posting Komentar

tanpa mengurangi rasa hormat, komentar dimoderasi, ya :)
-
Ingin bekerjasama dengan kami? Sila kirim email ke: blogdangkal@gmail.com