Langsung ke konten utama

Resep Bubur Sumsum yang Mudah dan Simple

Resep Bubur Sumsum yang Mudah dan Simple - Camilan seperti pudding ini yang secara lokal dikenal sebagai bubur sumsum biasanya lebih populer di setiap bulan Ramadhan. Sebagian besar orang menjadikan bubur sumsum sebagai hidangan berbuka saat puasa, tapi jika di hari hari biasa bubur sumsum ini biasanya dijadikan menu sarapan pagi.

Lembut, halus dan manis, sempurna untuk meningkatkan kadar gula darah setelah puasa ataupun menggugah semangat pagi tanpa membuat kita kenyang. Bubur sumsum ini terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan santan, sedikit gula dan ekstrak pandan atau vanila untuk aroma yang harum.

Bubur tersebut tidak memiliki banyak rasa, hanya sedikit gurih. Rasanya berasal dari sirup gula aren, manis, gelap dan kental, sungguh kombinasi yang sempurna jika keduanya digabungkan. Biasanya, bubur sumsum ini disajikan selagi hangat, tetapi sekarang banyak juga yang menjual bubur sumsum ini secara dingin menggunakan es dan beberapa topping lain.

Karena bubur ini hanya terbuat dari tepung beras, santan, gula aren, dan sedikit garam, maka bubur sumsum ini aman untuk orang-orang dengan diet bebas gluten dan / atau diet bebas susu. Makanan penutup yang benar-benar sederhana dan lezat yang harus anda coba.

Proses pembuatan pudding ini cukup mudah dan hanya beberapa langkah saja, jika anda ingin mencoba membuat bubur sumsum yang lezat ini dirumah, kami telah menyiapkan cara buat bubur sumsum yang akan membantu anda sebagai berikut :

Resep Bubur Sumsum yang Mudah dan Simple 

Bahan Bahan :
- 100 gram tepung beras

- 650 ml santan (200 ml santan murni + 450 ml air)

- 1 sendtok teh ekstrak vanilla

- ¼ sendok the garam

- 100 gram gula aren

- 100 ml air

- 1 sendok makan gula pasir

- 1 daun pandan (atau 1 sendok teh ekstrak vanila)

- sejumput kayu manis bubuk

Langkah Langkah Membuat Bubur Sumsum yang Mudah dan Simple

  1. Bagilah santan menjadi dua. Satu bagian dalam mangkuk dan satu bagian dalam panci. Cara ini dilakukan agar bubur sumsum tersebut memiliki tekstur yang lembut dan halus. Opsi campuran santan dia atas merupakan pilihan tergantung selera. Jika anda ingin menggunakan 650ml santan murni tidak akan menjadi masalah.
  2. Campur santan dalam mangkuk dengan tepung beras. 
  3. Didihkan santan di dalam panci, bumbui dengan sedikit garam dan ekstrak vanilla agar aroma yang dihasilkan sangat wangi dan menggugah selera. 
  4. Saat mendidih, tambahkan santan dan campuran tepung beras ke dalam panci. Dalam langkah ini pastikan bahwa tidak ada tepung beras yang menggumpal dengan cara sedikit mengaduknya. 
  5. Kecilkan api dan aduk terus sampai bubur tersebut mengental dan tercampur rata. 
  6. Jika sudah tercampur rata dan mengental, berarti bubur sumsum sudah matang. Angkat dari kompor. 
  7. Untuk cara pembuatan sirup gula aren, campur semua bahan seperti gula aren, air, gula pasir, daun pandan, dan kayu manis dan kemudian didihkan. Sirup gula aren ini matang ketika semua bahan sudah meleleh dan tercampur rata. 
  8. Untuk menyajikannya, ambil bubur tersebut dari panci dan tambahkan sirup gula aren tersebut sesuai selera. 
  9. Jika anda menyukai makanan atau camilan dingin, anda juga bisa memberi beberapa es batu yang berukuran kecil kedalam mangkuk bubur sumsum tersebut. 
  10. Bubur Sumsum yang manis dan lembut ini siap disantap bersama keluarga ataupun kerabat.
Demikianlah informasi kuliner seputar Resep Bubur Sumsum yang Mudah dan Simple yang bisa dipraktekkan. Selamat berkreasi!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari

Viu merupakan perusahaan Video On Demand asal Hongkong yang mulai banyak peminatnya di Indonesia termasuk di Bandung. Kehadiran Viu yang berjalan di bawah naungan VuClip ini mencoba memenuhi permintaan pemirsa yang gandrung dengan drama Korea . Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari Nah, jadi pengguna Kartu Tri jamak yang menerima pesan SMS menginformasikan tentang Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari nih cuy ... Apalagi pengguna yang juga suka sekali dengan  drama Korea. Lebih kurang seperti ini isi pesannya. Serial K-drama terbaru School 2017 tayang di Viu! Download sekarang di https://goo.gl/7dSLvy dan bebas nikmati Viu premium selama 30hr khusus pengguna Tri. VuClip dengan Viu-nya ini sudah lebih dahulu beroperasi di negara-negara tetangga Indonesia, seperti; Malaysia, India, Hongkong serta Singapura. Di Indonesia, Viu memiliki 15 ribu jam tayang. Seluruh film berikut serial Asia disediakan dalam teks bahasa Indonesia. Selain itu,

Kantor Pelayanan Pajak Soreang di Taman Kopo Katapang

BREAKING NEWS: KPP Pratama Soreang Kini Hadir di Transmart Soreang KPP adalah Kantor Pelayanan Pajak. TKK adalah Taman Kopo Katapang. KPP pusat Soreang beralamat di Ngamprah, Cimahi. BACA JUGA: Jam Buka Kantor Pajak Kabupaten Bandung Bagi Anda yang memiliki urusan ke KPP tidak usah jauh-jauh ke Cimahi tapi cukup datang ke KPP cabang Soreang di TKK.

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017 - Berikut selengkapnya. Pendaftaran CPNS Kemenkumham & MA Info: http://bit.ly/karirglobal74 Formasi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Info: http://bit.ly/2tGPoMJ Formasi CPNS Mahkamah Agung RI Info: http://bit.ly/2tLiJnl Formasi CPNS Kementerian Agama Info: http://bit.ly/karirglobal5 Formasi CPNS Dosen Info: http://bit.ly/karirglobal88 Lowongan Kerja Bank BNI Deadline: 6 Agustus 2017 Info: http://bit.ly/karirglobal87 Lowongan Reska Multi Usaha (PT KAI) Deadline: 9 Agustus 2017 Info: http://bit.ly/karirglobal85 Lowongan BUMN PT Brantas Abipraya Deadline: 22 Agustus 2017 Info: http://bit.ly/karirglobal83 Lowongan BUMN PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia Deadline: 11 Agustus 2017 Info: http://bit.ly/karirglobal81 Lowongan Anak Perusahaan BUMN PT INKA Deadline: 10 Agustus 2017 Info: http://bit.ly/karirglobal80 Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Deadline: 9 September 2017 Info: http://bit.ly