9 Tips Bekerja Cerdas Bagi Para Founder Startup

9 Tips Bekerja Cerdas Bagi Para Founder Startup - Di era industri 4.0 ini, bisnis berbasis teknologi atau yang lebih dikenal dengan istilah startup semakin berkembang dengan pesat. Selain itu, model bisnis berbasis digital atau bisnis online juga menjadi trend yang menjadi primadona bagi para pebisnis.

Selain modal, ada satu kunci kesuksesan yang harus dimiliki dan dijalankan oleh para pebisnis baik itu di bisnis online maupun di startup. Yaitu kemampuan untuk menjadi seorang founder (startup) atau owner (bisnis online).

Di dunia startup, kemampuan founder justru lebih dibutuhkan dibandingkan modal itu sendiri. Pasalnya, kemampuan founder dalam membangun dan mengembangkan bisnisnya menjadi salah satu daya tarik buat para investor atau venture capital untuk menanamkan modal di perusahaan atau bisnis yang sedang ia bangun.

Ada tiga kemampuan yang harus dimiliki oleh para founder untuk membangun sebuah bisnis yang sukses dan sustainable. Yaitu kemampuan menjadi seorang hacker, hipster dan hustler.
Apa itu hacker, hipster dan hustler? 

9 Tips Bekerja Cerdas Bagi Para Founder Startup
9 Tips Bekerja Cerdas Bagi Para Founder Startup


9 Tips Bekerja Cerdas Bagi Para Founder Startup

Istilah hacker, hipster dan hustler mungkin masih terdengar kurang familiar di telinga anda. Namun, ketiga istilah tersebut sudah sangat familiar buat mereka yang berkecimpung di dunia startup. Lalu, apa sebenarnya perbedaan dari ketiganya?

1. Hacker

Kata ‘hacker’ bukan istilah yang baru terutama buat mereka yang bergerak di bidang IT. Hacker merupakan sebuah kemampuan untuk membangun sebuah teknologi beserta seluruh infrastruktur pendukungnya.

Startup atau bisnis online sangat bergantung dengan perkembangan teknologi informasi. Sehingga, tanpa kemampuan hustler, bisnis anda akan ketinggalan dan bisa saja mengalami kebangkrutan. Untuk itu, anda perlu mendalami pengetahuan tentang hacker demi kesuksesan bisnis anda di masa depan.


2. Hipster

Kalau yang satu ini bisa dikatakan sebagai kemampuan dengan nilai jual yang tinggi dan sedang banyak dicari baik itu untuk perusahaan besar, bisnis online maupun startup.

Pasalnya, untuk bisa bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat ini, hipster merupakan salah satu kemampuan yang harus anda miliki agar bisa bertahan.

Hipster adalah kemampuan untuk membuat sebuah produk yang inovatif, kreatif dan solutif. Dengan kemampuan hipster yang baik, anda bisa menciptakan produk yang memiliki keunikan tersendiri dan belum banyak pemain di bidang yang sama. Sehingga, target market anda juga akan lebih luas.

Semakin luas target market, maka bisnis anda akan semakin mudah dan cepat untuk berkembang dan menguasai pasar. Seorang hipster biasanya memiliki kemampuan untuk mencitrakan bisnisnya sebagai sebuah brand yang bagus. 

Jika ia berkecimpung di startup, maka ia bisa mendesain web atau aplikasi dengan tampilan dan desain yang menarik sekaligus user-friendly.

3. Hustler

Satu lagi kemampuan penting yang harus dimiliki oleh seorang founder atau owner yaitu hustler. Di dalam dunia startup, hustler ini lebih banyak dikenal dengan istilah CEO. Hustler inilah yang bertugas untuk menjual ide bisnisnya baik itu ke investor maupun customer atau konsumen.

Selain itu, seorang hustler juga berperan dalam membentuk sebuah networking bisnis hingga manajemen perusahaan termasuk juga strategi marketing.

Ketiga hal di atas sangat penting dan harus dimiliki oleh para founder. Selain itu, demi kesuksesan bisnis yang anda rintis, anda juga harus membiasakan untuk bekerja cerdas.

Tips Bekerja Cerdas

Untuk meraih kesuksesan kerja keras saja tidak cukup. Anda perlu membiasakan kerja cerdas dengan cara-cara yang efisien dan mengoptimalkan sumberdaya yang anda miliki. Sehingga, hasil yang anda dapatkan juga akan maksimal.

Berikut adalah tips bekerja cerdas yang bisa dijadikan referensi khususnya buat anda para hustler (CEO) di startup.

1. Buat rencana mingguan

Sebagai seorang CEO atau owner, jika ingin bisnis anda berkembang maka anda harus membuat rencana mingguan. Misalnya, rencana untuk bertemu klien baru, rapat evaluasi bisnis, atau sekedar gathering dengan para staf. Dengan adanya rencana mingguan ini, anda akan lebih mudah bergerak karena sudah ada pedoman.


2. Matikan gadget

Menjadi seorang pebisnis apalagi pebisnis digital sangat tidak mungkin kalau harus lepas dari gadget. Pasalnya, anda harus selalu update perkembangan informasi terkini khususnya trend bisnis yang sedang berkembang.

Belum lagi, anda harus melakukan komunikasi dengan para klien atau customer. Namun,. Anda juga perlu menentukan jadwal untuk mematikan gadget agar bisa fokus menyelesaikan tugas anda. Terutama di jam-jam anda harus meeting dengan orang-orang penting.

Selain itu, anda perlu untuk fokus dengan target-target bisnis anda sehingga perlu mengurangi jadwal bermain gadget apalagi bermedia sosial.

3. Jangan mengerjakan banyak tugas sekaligus

Meskipun sesekali anda dituntut untuk multitasking, namun alangkah lebih baik jika anda mengerjakan tugas secara bergantian dan berurutan. Dengan begitu, anda akan lebih fokus sehingga hasilnya akan lebih maksimal.

Dengan fokus di satu pekerjaan, anda juga akan lebih mudah memusatkan konsentrasi. Kerjakan sesuai dengan skala prioritas dengan mendahulukan tugas-tugas yang lebih mendesak.

4. Hidup teratur

Pebisnis yang sukses adalah mereka yang sangat menghargai waktu dan komitmen dengan jadwal yang mereka tentukan. Tanpa hidup yang teratur, dijamin bisnis mereka juga akan berantakan.

Apalagi sebagai seorang leader, jika hidup anda masih berantakan maka akan sudah untuk mewujudkan suasana kerja yang teratur di kalangan para staf.

5. Menentukan target capaian berdasarkan hasil

Sebagai seorang founder, anda juga perlu menentukan target capaian atau hasil setiap tenggang waktu tertentu. Misalnya, target penjualan per bulan, traffic website per minggu, traction per bulan dan lain sebagainya. Dengan ini anda bisa memiliki tolok ukur kesuksesan bisnis yang sedang anda jalankan.

6. Tentukan jadwal istirahat rutin

Sesibuk apapun anda dalam berbisnis, jangan lupa menyempatkan waktu untuk beristirahat. Pasalnya, jika anda terlalu memforsir tubuh dan otak anda untuk bekerja, hal itu akan mempengaruhi kesehatan anda.

Sedangkan, kesehatan adalah investasi paling berharga. Jika anda sehat, maka anda bisa dengan mudah menjalankan bisnis. Sehingga, beristirahat atau refreshing itu sangat dperlukan.

7. Mempunyai rutinitas yang jelas

Agar hidup anda teratur, anda juga harus memiliki jadwal rutinitas yang jelas dan anda komitmen untuk menjalankannya. Anda perlu menentukan rutinitas harian seperti waktu bangun pagi, sholat, olahraga, sarapan, pergi ke kantor, meeting, makan siang, dan lain sebagainya. Dengan rutinitas yang jelas hidup anda akan lebih tertata dan semua tugas bisa dikerjakan dengan baik.

8. Merekrut tenaga outsourcing

Buat anda yang masih menjadi solo founder dengan dana yang minim sangat direkomendasikan untuk menggunakan tenaga outsorcing. Pasalnya, tidak semua founder bisa memiliki ketiga kemampuan di atas. 

Sehingga, demi kelancaran bisnis anda harus menggunakan tenaga outsourcing untuk menyelesaikan tugas-tugas bisnis. Tentunya sesuaikan dengan budget yang anda miliki.

9. Selesaikan apa yang sudah anda mulai

Mental pemenang adalah mereka yang tidak menyerah di tengah jalan. Jika anda ingin menjadi seorang pebisnis yang sukses, maka anda harus menyelesaikan apa yang sudah anda mulai. Jika anda memang menginginkan startup anda sukses, maka anda harus berjuang untuk mencapainya. 

Itulah artikel 9 Tips Bekerja Cerdas Bagi Para Founder Startup - Pada akhirnya, artikel ini mengajak pembaca ... Jangan pernah menyerah meskipun di dalam bisnis anda tidak akan pernah lepas dari yang namanya kegagalan. 

Pebisnis yang sukses adalah mereka yang bisa bangkit dan belajar dari kegagalan itu.
9 Tips Bekerja Cerdas Bagi Para Founder Startup 9 Tips Bekerja Cerdas Bagi Para Founder Startup Reviewed by Kang Adetruna on Februari 22, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

tanpa mengurangi rasa hormat, komentar dimoderasi, ya :)
-
Ingin bekerjasama dengan kami? Sila kirim email ke: blogdangkal@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.