9 (Sembilan) Strategi Melipatgandakan Omzet UKM

UKM memiliki peran yang penting terhadap perkembangan perekonomian di Indonesia. Dengan adanya UKM yang jumlahnya mencapai 60 juta, perputaran uang di tengah-tengah masyarakat bisa berlangsung dengan begitu cepat.

Selain itu, UKM juga berperan serta dalam mengurangi tingkat pengangguran karena menyerap banyak sekali tenaga kerja. Dengan kontribusinya yang begitu besar, maka sangat penting bagi UKM untuk terus berkembang dan menghasilkan omset yang besar agar bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis.



Lalu, bagaimana cara agar UKM bisa menghasilkan omzet yang berlipat ganda? Simak 10 strategi untuk melipatgandakan omzet bagi UKM berikut ini.


1. Melakukan inovasi produk

Seringkali saat sudah membuat suat produk dan laku, membuat beberapa pelaku UKM berpuas diri. Padahal, anda harus terus melakukan inovasi produk agar omset yang anda dapatkan bisa meningkat.

Terlebih, jika anda berada di dalam posisi ketika produk anda sepi pembeli. Anda harus cepat tanggap dan mulai melakukan riset serta inovasi untuk pengembangan produk sesuai dengan apa yang sedang trend di pasaran.

Inovasi produk bisa dilakukan dengan beberapa cara. Seperti menambahkan variasi rasa, meningkatkan nilai manfaat, serta mengubah kemasan agar terlihat lebih menarik. Sebagai contoh, anda menjual keripik pisang dengan rasa gurih saja.

Kemudian anda bisa menambahkan inovasin keripik pisang dengan beberapa ragam variasi rasa. Misal rasa green tea, vanila, keju, coklat dan lain sebagainya. Dengan begitu, produk anda akan memiliki keunggulan tersendiri yang bisa menarik konsumen untuk lebih memilih produk anda dibandingkan dengan brand yang lain.

2. Branding produk

Agar produk anda dikenal banyak orang, anda perlu melakukan branding produk. Apalagi jika produk anda terbilang baru dan anda perlu menggunakan strategi ekstra untuk menciptakan brand awareness terhadap produk anda di kalangan para customer.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk branding produk, misalnya dengan iklan, menjadi sponsor di event-event besar atau berkolaborasi dengan brand besar. Dengan cara itu, produk anda akan semakin dikenal banyak orang dan otomatis omzet anda akan semakin bertambah.


3. Berjualan di media sosial

Di era digital seperti sekarang ini, media sosial tidak hanya dijadikan sebagai sarana untuk mengekspresikan diri. Lebih dari itu, media sosial kini bertransformasi menjadi lapak bisnis untuk berjualan terutama facebook dan instagram.

Banyak sekali pebisnis yang mendapatkan omset hingga puluhan juta rupiah hanya dari berjualan di media sosial. Karena itu, anda juga jangan sampai ketinggalan. Selain berjualan secara offline, anda juga perlu untuk memasarkan produk UKM di media sosial.

Jangan lupa juga untuk sesuaikan dengan target market. Jika target market anda adalah milenial, maka anda perlu fokus untuk pemasaran di instagram. Sedangkan untuk target market orang dewasa atau calon customer dari luar negeri, maka pemasaran lewat facebook akan lebih efektif.

Apalagi di facebook sudah tersedia banyak sekali grup-grup pebisnis termasuk grup ekspor impor. Jadi jangan sampai anda melewatkan peluang ini.


4. Berjualan di marketplace

Cara untuk melipatgandakan omset UKM yang selanjutnya adalah dengan berjualan di marketplace. Trend berbelanja online di marketplace akhir-akhir ini menjadi primadona masyarakat dari berbagai kalangan.

Apalagi dengan banyaknya diskon plus layanan gratis ongkir akan membuat para konsumen jatuh hati dan tidak mungkin menolak untuk berbelanja. Tentunya, ini menjadi peluang yang besar bagi anda untuk menaikkan omset penjualan.

Anda bisa membuka toko online di beberapa marketplace dengan traffic paling tinggi. Jangan lupa untuk berpartisipasi di beberapa event-event khusus yang ditawarkan oleh marketplace tersebut.

Yang paling trend adalah hari belanja online nasional dan flash sale. Dengan berpartisipasi di event-event besar ini, anda bisa memperkenalkan brand anda dan menggaet customer baru. Semakin banyak yang tertarik dengan produk anda, maka omset yang anda dapatkan juga akan berlipatganda.


5. Mempromosikan produk secara berkala

Mempromosikan produk secara berkala bisa dilakukan dengan beberapa cara. Seperti memasang iklan fb ads, ig ads atau google ads. Selain biaya iklan yang lebih murah, dengan fitur atau layanan iklan otomatis dari media sosial tersebut juga akan mempermudah pengaturan jadwal promosi.

Buat anda yang berjualan di marketplace, Anda juga bisa menggunakan fitur iklan untuk menaikkan produk anda. Cara-cara ini akan membuat produk anda semakin dikenal dan otomatis akan lebih mudah menggaet customer baru.

6. Aktif mengikuti pameran produk UKM

Saat ini, banyak sekali diselenggarakan event-event atau pameran yang tujuannya untuk mempromosikan produk-produk UKM baik itu dari pemerintah ataupun swasta. Ini bisa menjadi salah satu cara efektif untuk melipatgandakan omset penjualan.

Dengan mengikuti pameran, produk anda akan semakin dikenal banyak orang. Apalagi jika penyelenggaranya adalah pemerintah lewat dinas terkait. Di mana produk-produk yang unggul dan dinilai prospektif, biasanya berpeluang mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah.

Misalnya, akan mendapatkan pelatihan khusus untuk pengembangan bisnis atau dihubungkan dengan market yang lebih luas. Sehingga anda harus rajin-rajin mengikuti pameran.

Sembilan (Sembilan) Strategi Melipatgandakan Omzet UKM


Selain branding produk, dengan mengikuti pameran anda juga sekalian berjualan produk. Jika pengunjung yang datang banyak jumlahnya dan sesuai dengan target market anda, maka dijamin produk anda akan laris manis. Dan otomatis penghasilan yang anda dapatkan juga akan berlipat.

7. Menggunakan jasa endorse

Selain iklan atau pameran, ada satu lagi cara untuk meningkatkan brand awareness produk anda yaitu dengan menggunakan jasa endorse artis atau influencer. Tentunya, anda harus menyisihkan dana sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa endorse.

Cara yang disebutkan di atas memang terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan. Pasalnya, para influencer memiliki banyak sekali follower atau fans setia yang cenderung mengikuti apa saja yang dilakukan oleh idola mereka.

Anda perlu cermat saat memilih influencer, jangan sampai anda sudah mengeluarkan banyak uang tapi hasil yang didapatkan tidak sesuai. Pilihlah jasa endorse yang memang sudah terpercaya dengan banyaknya review positif.

8. Bergabung di komunitas bisnis

Kunci kesuksesan sebuah bisnis salah satunya adalah networking yang bagus. Untuk itu, anda perlu bergabung di komunitas bisnis. Di dalam komunitas itu, anda bisa bertemu dengan teman-teman yang se-frekuensi.

Di samping anda akan mendapatkan pengetahuan tentang bisnis, anda juga bisa sekalian memasarkan produk anda pada teman-teman di komunitas.

9. Membuka reseller atau dropshipper

Di era yang semakin terbuka ini, sudah bukan lagi jamannya untuk berkompetisi. Untuk memperbesar bisnis, anda perlu berkolaborasi dengan pihak lain. Untuk itu, sistem affiliate marketer saat ini menjadi primadona karena diyakini bisa meningkatkan omset penjualan.

Hal ini sesuai dengan teori faktor kali. Bayangkan jika anda berjualan sendiri dengan jumlah penjualan rata-rata per bulan misal 100 pcs. Jika anda memiliki reseller atau dropshipper sebanyak 50 orang dengan jumlah penjualan rata-rata 50 per bulan.

Maka, otomatis omset yang anda dapatkan akan lebih banyak dan berlipat ganda. Jadi, jangan sampai anda berpikiran tertutup yang hanya fokus pada diri sendiri. Untuk menjadi pebisnis yang sukses dengan omset yang berlipat, anda harus menjadi pribadi yang cermat, fleksibel dan open minded dengan segala perkembangan strategi marketing.
9 (Sembilan) Strategi Melipatgandakan Omzet UKM 9 (Sembilan) Strategi Melipatgandakan Omzet UKM Reviewed by Kang Adetruna on Februari 19, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

tanpa mengurangi rasa hormat, komentar dimoderasi, ya :)
-
Ingin bekerjasama dengan kami? Sila kirim email ke: blogdangkal@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.