5 Tips Agar Tidak Tertular Flu dan Batuk

Flu dan batuk biasanya mulai menyerang tubuh Anda saat cuaca tidak menentu. Panas terik dan hujan turun silih berganti dalam sehari. Kondisi alam seperti ini menuntut Anda untuk beradaptasi agar tidak mudah jatuh sakit. 

Dalam kondisi yang demikian Anda harus selalu siap sedia obat flu paling ampuh agar tidak kesulitan saat flu menyerang tubuh.

Tips Agar Tidak Tertular Flu dan Batuk

Flu dan batuk sangat mudah sekali menular. Penularan terjadi dari butiran cairan ludah yang keluar saat Anda bersin dan batuk. Maka dari itu, untuk sementara Anda harus menjaga jarak dengan seseorang yang terserang flu. 

Apabila Anda sulit menghindarinya karena ia adalah rekan kerja, 7 tips di bawah ini akan membantu meningkatkan sistem imun Anda agar tidak tertular flu.


1.  Makan Jamur

Terdapat penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition, bahwa mengkonsumsi jamur selama sebulan penuh membantu meningkatkan antibodi tubuh Anda. Jamur apapun bisa Anda makan.

Namun, jamur yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah jamur shiitake. Jamur tersebut bila dimasak dan dimakan setiap hari akan meningkatkan produksi sel T. Selain itu, jamur juga membantu menyembuhkan peradangan.


2.  Minum Banyak Cairan

Anda bisa mengonsumsi cairan apa saja untuk menyehatkan tubuh Anda. Selain air putih Anda bisa minum teh hangat yang dicampur madu dan lemon. Mengonsumsi banyak cairan yang dibarengi obat flu paling ampuh membantu menipiskan produksi lendir pada saat Anda terserang flu dan batuk. Selain itu, cairan khususnya air putih membantu mengeluarkan racun yang berada dalam tubuh Anda.


3.  Mencuci Tangan Pakai Sabun

Pada umumnya orang yang terkena flu lebih sering bersin-bersin dan batuk-batuk. Ketika bersin dan batuk mereka akan menggunakan tangan untuk menutupnya. Selanjutnya, Anda melakukan jabat tangan dengan orang tersebut. 

Alangkah baiknya sebelum makan Anda mencuci tangan pakai sabun terlebih dahulu. Maksudnya supaya Anda tidak tertular flu dan batuk yang sedang diderita teman atau rekan Anda tersebut.


4.  Tidur yang Cukup

Lagi-lagi dalam mencegah penyakit apapun masuk ke dalam tubuh Anda adalah dengan cara memperbaiki kualitas tidur. Lalu apa hubungannya dengan flu dan batuk?

5 Tips Agar Tidak Tertular Flu dan Batuk
Tidur yang Cukup
Seseorang yang tidurnya kurang dari delapan jam sehari antibodinya cenderung lebih lemah. Sehingga virus flu akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh Anda.


5.  Mengetuk Dada

Terdapat titik akupresur pada bagian tengah dada Anda. Tepatnya berada pada tingkat rusuk ketiga. Dengan mengetuk bagian tersebut selama satu menit, berarti Anda sedang merangsang kelenjar timus yang memproduksi sel T. Fungsi sel T dalam tubuh Anda adalah melawan partikel virus atau bakteri. Salah satunya virus yang menyebabkan flu dan batuk.

Itulah lima tips agar Anda tidak tertular flu dan batuk meskipun berdekatan dengan penderitanya. Pada dasarnya tips di atas merupakan pola hidup sehat yang harus Anda jalankan sehari-hari. 

Anda juga harus menerapkannya kepada anak Anda agar antibodinya kuat. Anda juga bisa memberikan obat pilek untuk anak apabila si kecil tiba-tiba terkena gejala flu, pilek, dan batuk secara bersamaan.


5 Tips Agar Tidak Tertular Flu dan Batuk 5 Tips Agar Tidak Tertular Flu dan Batuk Reviewed by Kang Adetruna on Desember 04, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

tanpa mengurangi rasa hormat, komentar dimoderasi, ya :)
-
Ingin bekerjasama dengan kami? Sila kirim email ke: blogdangkal@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.