Inilah 15 Fitur Terbaru dari Gmail

Merayakan ulang tahunnya yang ke-15, salah satu produk unggulan Google yaitu Gmail memberikan 15 fitur terbaru yang bisa digunakan oleh penggunanya. Hari jadi Gmail jatuh pada 1 April, sesuai dengan usianya yang ke lima belas, maka fiturnya pun berjumlah sama.

Inilah 15 Fitur Terbaru dari Gmail


Inilah 15 Fitur Terbaru dari Gmail

Cukup fenomenal memang apa yang terjadi dengan platform korespondensi dalam jaringan yang dimiliki oleh Google ini. Terbilang sukses mengalahkan pesaingnya Yahoo, Gmail pun gencar dalam memperbarui fitur-fiturnya.

Diambil dari CNN Indonesia, Inilah 15 Fitur Terbaru dari Gmail yang bisa Anda pergunakan saat berkirim surat elektronik.

[1] Smart Reply

Saat Anda tengah menggunakan surel Gmail, kemudian Anda akan menulis atau membalas surat, pergunakanlah fitur smart reply. Dengan kemampuannya memberikan pilihan kata yang akan dipergunakan mampu meringankan pengguna saat akan mengetikkan kata. Tentu saja ini menarik apalagi bagi pembaca yang terbiasa berlangganan aplikasi Grammarly - misalnya, dengan adanya fitur kecerdasan buatan ini sudah tidak usah berlangganan aplikasi tersebut.

[2] Smart Compose

Masih seputar kecerdasan buatan, Gmail pun menambahkan fitur smart compose di ultahnya yang ke-15 ini. Fitur ini memiliki kemampuan menyusun diksi yang akan disampaikan oleh pengguna Gmail saat membalas surat elektronik yang masuk.

Dengan kecerdasannya memperhatikan kebiasaan pengguna Gmail saat akan mengirim atau membalas surat, Smart Compose akan mulai menampilkan kata yang hendak ditulis.

[3] Nudge

Pembaca tentu tahu dengan istilah sundul atau up - istilah ini populer - sepakat ya? Nah, dengan fitur nudge, pengguna Gmail akan disuguhkan oleh email-email yang belum sempat dibaca berupa teks tebal alias bold berkat peran dari fitur ini. Harapannya dengan adanya fitur ini pengguna gmail tidak perlu lagi melakukan penyortiran atau paling tidak bisa memudahkan saat membedakan mana email yang sudah dibaca dan mana yang belum.

[4] Gmail Search

Bukan fitur baru, bahkan bisa dibilang sebagai fitur yang lama hadir di gmail - akan tetapi dengan fitur ini pengguna akan merasakan ada hal yang baru. Terutama di saat penggunanya mencari surel yang spesifik semisal jumlah huruf atau nama tautan yang ada dalam surat yang tengah diperlukan.

[5] Archieve

Fitur arsip ini pun bukan hal yang baru, tetapi di usia yang ke-15 ini, Gmail membantu kepada penggunanya untuk tidak perlu kuatir dengan arsip yang terhapus (karena masuk dalam folder arsip). Dengan mengarsipkan surel lewat fitur archieve ini, Gmail akan mengelompokkan berkas-berkas ke dalam sebuah folder dan dipertahankan agar bisa dibaca bila sewaktu-waktu diperlukan.

[6] Undo Sent Email

Mengurungkan niat untuk mengirim surat yang sudah terlanjur terkirim bisa Anda lakukan dengan menggunakan fitur undo sent email ini. Sering terjadi, pengguna Gmail tanpa disengaja menekan tombol kirim surat padahal belum tentu sudah lengkap isi suratnya. Kalau terlanjur seperti itu, pengguna Gmail bisa dengan mudah menariknya kembali surat tersebut. Fitur ini pun cukup lama disediakan oleh Gmail yaitu sejak 2015. Asalkan tidak lebih dari 30 detik, fitur ini bisa berfungsi dengan baik.

[7] Add/Change Account

Fitur menambah atau mengubah akun Gmail sudah lama juga diperkenalkan oleh Google untuk penggunanya. Dengan adanya fitur ini maka pengguna bisa dengan mudah beralih dari gmail pribadi ke gmail bisnisnya. Prosesnya cukup mudah karena Anda tidak perlu memasukkan username atau password saat beralih akun gmail.

[8] Gmailify

Dengan fitur ini, pemilik akun selain Gmail seperti Yahoo, AOL, Outlook, Hotmail dan lain-lain bisa menggunakan gmail. Cukup menambahkan akun dari email selain Gmail maka pengguna bisa dengan mudah memeriksa korespondensi yang biasa dilakukan.



[9] Mode konfidensial

Dengan fitur ini Anda bisa memperkuat Gmail dari segi keamanan karena mode ini bisa menentukan siapa saja yang diijinkan untuk menyalin sebuah surat yang terkirim. Termasuk durasi lama login setiap akun gmail yang sedang dibuka.

[10] G-Suite

Fitur ini merupakan fitur yang cocok untuk sebuah perusahaan mulai dari SOHO (Small Office Home Office) ataupun yang berskala besar. Dengan G-Suite, pengguna bisa memaksimalkan produk Google lainnya secara bersamaan, seperti; Google Calendar dan Google Hangout.

[11] Snooze

Fitur ini tidak ubahnya sebuah alarm, sebagai contoh - pengguna Gmail belum sempat membaca sebuah surel yang masuk. Maka dia dapat mengaktifkan fitur ini sebagai pengingat kapan surat tersebut akan dibaca. Lama Snooze aktif bisa beberapa jam saja atau hingga lebih dari 24 jam lamanya.

[12] Work Offline

Fitur ini sudah lama dimiliki oleh Gmail, ketika offline Anda masih bisa membaca surel yang masuk di Gmail Anda. Walaupun tanpa koneksi internet, pengguna Gmail dimudahkan  membaca hingga membalas email yang masuk dengan satu syarat; Anda membuka Gmail di peramban Google Chrome.

[13]  Mengirim Uang

Gmail ternyata bisa kita pergunakan sebagai media transfer finansial dari email Gmail ataupun selainnya. Uang yang akan dikirim melalui email tersebut harus sudah terkoneksi dengan Google Play. Asal dana bisa dari rekening bank, kartu debit atau saldo di Google Play.

[14] Terhubung dengan Google Drive

Bukan isu baru ketika Gmail terhubung dengan Google Drive. Beberapa tahun terakhir ini, pengguna Gmail sudah dimudahkan dengan adanya fitur tersebut. Pembaca tentu sudah terbiasa dengan adanya keterbatasan ukuran dokumen saat disisipkan, bukan? Ya, betul pengguna hanya boleh mengirim berkas dalam email sebesar 25 megabytes saja. 

Oleh karena itulah Gmail terhubung dengan G Drive tujuannya agar saat kita mengirim surat beserta dokumen bisa terdistribusi. Mekanismenya, dokumen yang dikirim oleh pengguna akan disimpan di cloud computing milik Google Drive.

[15] Kiriman terjadwal

Pada ultahnya ke-15, Gmail siap membantu pengguna untuk mengatur jadwal kirim surat. Fitur ini akan sangat berfaedah ketika pengguna berbeda zona waktunya dengan penerima email. Misalnya jam kerja di Indonesia 8 pagi hingga 5 sore sementara itu penerima sedang terlelap tidur karena sudah malam. Maka lakukanlah penjadwalan kirim email dengan menyesuaikan waktu tempat penerima. 

Pembaca, itu saja sedikit informasi tentang Inilah 15 Fitur Terbaru dari Gmail. Selamat beraktifitas!
Inilah 15 Fitur Terbaru dari Gmail Inilah 15 Fitur Terbaru dari Gmail Reviewed by Kang Adetruna on April 03, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

tanpa mengurangi rasa hormat, komentar dimoderasi, ya :)
-
Ingin bekerjasama dengan kami? Sila kirim email ke: blogdangkal@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.