Layanan e-Samsat di Bukalapak Khusus Jawa Barat

Layanan e-Samsat di Bukalapak Khusus Jawa Barat - Beberapa waktu yang sudah lewat seorang teman bertanya kepada penulis, "Apakah di Bukalapak ada layanan membayar pajak kendaraan secara online?"

Tentu saja pertanyaan di atas dijawab tegas bahwa ada Layanan e-Samsat di Bukalapak. Informasi ini semakin jelas setelah Bukalapak merilis artikel tentang fitur yang satu ini.

Pembaca, mulai hari ini setiap warga negara Indonesia yang sadar akan kewajiban membayar pajak bisa melalui Buka e-Samsat. Contohnya, Anda hendak membayar pajak kendaraan bermotor (PKB).

Fitur Buka e-Samsat di Bukalapak ini merupakan gagasan kerjasama antara Bukalapak dengan tim Samsat Provinsi Jawa Barat. Sehingga bagi warga Jawa Barat, mulai sekarang akan merasakan kemudahan dan praktis melalui layanan Buka e-Samsat.

Layanan e-Samsat di Bukalapak Khusus Jawa Barat

Termasuk Anda yang tengah menetap sementara di luar kota namun tercatat sebagai warga Jawa Barat atau memiliki kendaraan bermotor dengan plat nomor Jawa Barat pun bisa merasakan kemudahan layanan e-Samsat di Bukalapak.

Berikut ini uraian Layanan e-Samsat di Bukalapak Khusus Jawa Barat:
  • Fahami syarat dan ketentuan menggunakan fitur Buka e-Samsat.
  1. Kendaraan tidak sedang berstatus blokir ranmor/blokir data kepemilikan.
  2. Kendaraan yang dapat melakukan daftar ulang yaitu kendaraan milik Wajib Pajak dengan NIK/No. KTP-nya telah sesuai atau sama dengan yang terdaftar di server Samsat. 
  3. Layanan ini hanya berlaku untuk kendaraan bermotor dengan pelat nomor D.
  4. Layanan ini hanya beroperasi dan dapat diakses di aplikasi Bukalapak setiap jam 00.00 hingga  22.00 setiap harinya.
  5. Layanan ini hanya berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan daftar ulang 1 (satu) tahunan.
  6. Layanan ini tidak berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan yang bersamaan dengan ganti STNK 5 (lima) tahunan.
  7. Masa berlaku pajak yang bisa dibayar kurang dari 6 bulan dari masa jatuh tempo.
  8. Wajib pajak adalah perseorangan (bukan badan usaha/yayasan /badan sosial).
  9. Untuk layanan ini, pengguna bisa memakai berbagai pilihan metode pembayaran di Bukalapak, kecuali BukaCicilan dan Kredivo.
  10. Setelah status pembayaran PKB berhasil (remitted) dan pengguna mendapatkan bukti bayar, pengguna diwajibkan untuk melakukan pengesahan di kantor Samsat wilayah Jawa Barat, kantor cabang BJB se-Indonesia (tidak berlaku untuk kantor kas), atau Kantor Polsek Wilayah Jawa Barat, selambat-lambatnya 30 hari setelah pembayaran dilakukan.
  11. Pengguna wajib membawa berkas KTP asli, STNK asli, dan bukti bayar (SKKP) tersebut ke seluruh Samsat daerah Jawa Barat, kantor cabang BJB se-Indonesia (tidak berlaku untuk kantor kas) atau Kantor Polsek Wilayah Jawa Barat, selambat-lambatnya 30 hari setelah pembayaran dilakukan. 

Cara Menggunakan Layanan e-Samsat di Bukalapak Khusus Jawa Barat di Desktop

  • Silakan login dengan akun Bukalapak Anda lalu pilih fitur e-Samsat PKB Jabar.
  • Setelah itu input data No. Rangka Kendaraan & No. KTP.
  • Jika pengguna menuliskan data dengan benar maka Bukalapak akan menampilkan data dari kendaraan tersebut berikut jumlah uang yang harus dibayarkan.
  • Sebelum melakukan pembayaran, akan ditampilkan informasi penting tentang pengguna yang diharuskan mencetak bukti bayar yang diperoleh setelah melakukan pembayaran. Serta data bukti bayar yang diperoleh dan harus dibawa ke kantor Samsat untuk proses pengesahan secara operasional.
  • Selanjutnya, lakukan pembayaran pajak menggunakan berbagai pilihan metode yang tersedia (kecuali BukaCicilan dan Kredivo).
  • Apabila pembayaran berhasil selanjutnya pengguna memperoleh email konfirmasi yang berisi bukti pembayaran pajak (SKKP).
Layanan e-Samsat di Bukalapak Khusus Jawa Barat
Selanjutnya, cara menggunakan Layanan e-Samsat di Bukalapak Khusus Jawa Barat melalui aplikasi; smartphone atau tablet.
  • Pengguna mengakses aplikasi Bukalapak dan memilih “Lainnya” di Menu Favorit.
    Fitur e-Samsat PKB Jabar di Aplikasi Bukalapak
  • Kemudian pilih menu e-Samsat Jabar.
  • Pengguna akan diminta untuk menginput No. Rangka kendaraan dan No. KTP.
    Contoh formulir untuk diisi dengan nomor rangka PKB e-Samsat Jabar
  • Setelah pengguna memasukkan data dengan benar, akan ditampilkan data dari kendaraan terkait serta jumlah yang harus dibayarkan.
  • Sebelum melakukan pembayaran, akan ditampilkan informasi penting mengenai pengguna harus mencetak bukti bayar yang didapatkan setelah melakukan pembayaran, serta bukti bayar yang didapatkan harus dibawa ke kantor Samsat untuk dilakukan pengesahan.
    ddd
    pengesahan data Layanan e-Samsat di Bukalapak Khusus Jawa Barat
  • Setelah itu selesai saatnya bagi pengguna untuk melakukan pembayaran pajak dengan menggunakan berbagai pilihan metode yang tersedia kecuali Buka Cicilan dan Kredivo.
  • Apabila pembayaran berhasil, pengguna akan memperoleh email konfirmasi berisi bukti pembayaran pajak (SKKP).
  • Pengguna wajib membawa KTP asli, STNK asli, dan bukti bayar (SKKP) tersebut ke seluruh Samsat daerah Jawa Barat, kantor cabang BJB se-Indonesia (tidak berlaku untuk kantor kas) atau Kantor Polsek Wilayah Jawa Barat, selambat-lambatnya 30 hari setelah pembayaran dilakukan. 
Atau lihat Video Instagram berikut ini:



Itulah sekilas informasi tentang Layanan e-Samsat di Bukalapak Khusus Jawa Barat, pembaca ... Tentunya tidak ada lagi alasan telat membayar pajak karena alasan sibuk sehingga menjadi tertunda. Dengan adanya kemudahan Buka e-Samsat ini siapa pun bisa dengan cepat memproses pembayaran pajak kendaraan bermotornya, setuju?
Layanan e-Samsat di Bukalapak Khusus Jawa Barat Layanan e-Samsat di Bukalapak Khusus Jawa Barat Reviewed by Kang Adetruna on Januari 16, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

tanpa mengurangi rasa hormat, komentar dimoderasi, ya :)
-
Ingin bekerjasama dengan kami? Sila kirim email ke: blogdangkal@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.