Fakta-fakta Lainnya Yang Menarik Tentang Debat Pilpres 2019

Fakta-fakta Lainnya Yang Menarik Tentang Debat Pilpres 2019 - Pada debat yang pertama ini, tentunya akan membuat banyak masyarakat penasaran tentang kandidat capres dan cawapres yang akan mengadu gagasan mereka.

Pada debat tersebut kedua capres dan cawapres saling mengadu argumen, mereka semua menyampaikan visi misinya ke depan jika mereka terpilih nantinya sebagai pemimpin bangsa ini, bahkan tidak jarang diantara mereka saling melakukan serangan kepada pihak lawan.

Baik itu berupa kritikan ataupun sanggahan. Acara perdebatan semakin menarik pada sesi ketika setiap paslon memberikan pertanyaan kepada paslon lainnya dan harus dijawab oleh paslon lainnya. Setelah dijawab, paslon penanya dibolehkan untuk menyanggah jawaban tersebut.

Dan pada saat debat pilpres 2019 yang pertama ini banyak sekali fakta-fakta yang menarik yang mungkin belum semua orang mengetahuinya salah satunya adalah disiarkannya secara langsung dari berbagai stasiun TV, moderator, tema debat yang berbeda-beda.

Fakta-fakta Lainnya Yang Menarik Tentang Debat Pilpres 2019
[internet]

Fakta-fakta Lainnya Yang Menarik Tentang Debat Pilpres 2019

Selain itu juga, KPU telah memberikan beberapa fakta-fakta yang telah disiapkan. Berikut ini beberapa fakta-fakta lainnya tentang debat pilpres 2019, sebagai berikut ini:

Panelis Debat

Pada debat pilpres 2019, akan ada panelis debat yaitu Ketua KPK Agus Rahardjo, eks Ketua Mahkama Agung (MA) Bagir Manan, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, guru besra hukum internasional UI Hikmahanto Juwana, serta pengajar hukum tata negara dan hukum administrasi negara Bivitri Susanti.

Sebenarnya, ada dua nama lain yang juga diusulkan menjadi panelis, yaitu; Eks pimpinan KPK Bambang Widjojanto dan Koordinator ICW Adnan Topan. Namun dua nama itu dicoret dan sudah disepakati masing-masing timses.

Ketua KPK Agus Rahardjo juga memastikan bahwa dirinya tidak akan datang dalam debat capres, dan keputusan ini sudah diambil agar KPK tidak terseret ke politik.

Diberi Kisi-kisi Pertanyaan

Pada dua pasangan calon, akan diberikan 20 kisi-kisi pertanyaan debat untuk segmen dua dan tiga. Kisi-kisi tersebut terdiri dari 5 pertanyaan untuk masing-masing tema.

Tetapi demikian, kisi-kisi ini bukanlah bocoran melainkan untuk memahami. Dan para kandidat tidak mengetahui pertanyaan apa yang akan mereka dapatkan.

Tidak Ada Pertanyaan Soal Kasus

Para kandidat tidak akan mengajukan pertanyaan secara spesifik terkait kasus , terhadap kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden. Salah satu contohnya adalah kasus penyiraman air keras yang dialami oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (Kpk) Novel Baswedan.

Para Penonton Harus Mempunyai Undangan

Untuk masuk ke dalam gedung, hanya penonton yang memiliki undangan yang bisa masuk. Pada debat pertama, KPU menyiapkan 500 undangan yang akan dilaksanakan di Bidakara nanti malam.

Sedangkan pada masing-masing pasangan calon akan diberikan 100 undangan yang boleh mereka bagikan ke siapa saja, dan sisanya KPU akan menyebarkan undangannya.

Selain itu juga, para pendukung capres – cawapres juga diperbolehkan untuk membawa atribut kempanye dan tak semua atribut bisa dibawa.

Nobar (Nonton Bareng)

Dilansir dari berita pilpres 2019 selain bisa menyaksikan di dalam gedung, KPU juga telah menyiapkan tempat nonton bareng (nobar) debat pilpres 2019 di area luar.

Para pendukung yang hadir tetap bisa menyaksikan jalannya acara debat, tetapi juga tempat nobar pendukung pasangan nomor urut 01 dan 02 juga akan dipisahkan.

Dan KPU juga telah mengecek ruangan yang akan digunakan dalam debat yang tidak menggunakan bahasa Inggris ini.

Seyogyanya acara perdebatan ini menjadi referensi bagi para pemirsa yang nantinya akan memilih capres dan cawapres. Dari perdebatan tersebut setidaknya bisa mengetahui capres dan cawapres mana yang memang sudah siap dan layak untuk dijadikan pemimpin bangsa ini. [w3/1/2019_Ti]
Fakta-fakta Lainnya Yang Menarik Tentang Debat Pilpres 2019 Fakta-fakta Lainnya Yang Menarik Tentang Debat Pilpres 2019 Reviewed by Kang Adetruna on Januari 20, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

tanpa mengurangi rasa hormat, komentar dimoderasi, ya :)
-
Ingin bekerjasama dengan kami? Sila kirim email ke: blogdangkal@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.