Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hybrid Dibandingkan Non-Hybrid

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hybrid Dibandingkan Non-Hybrid - Para pecinta otomotif tentu pernah mendengar istilah Hybrid. Kendaraan Hybrid adalah kendaraan yang menggabungkan manfaat dari dua bahan penggerak berbeda, yaitu bensin dan listrik tenaga baterai.

Hal ini dimaksudkan untuk menguragi konsumsi bahan bakar. Bahan bakar bensin masih menjadi tenaga utamanya, sementara motor listrik untuk memberikan daya tambahan jika diperlukan oleh mobil.

Mobil Hybrid diciptakan karena munculnya isu pemanasan global, polusi yang sudah semakin parah, dan borosnya pemakaian BBM. Salah satu produsen yang memanfaatkan energi ini adalah Toyota.

Sayangnya, penjualan mobil Hybrid di Indonesia tidak setinggi di luar negeri, terbukti dari penjualan Toyota Hybrid. Hal ini karena konsumen merasa penggunaan mobil Hybrid di Indonesia sia-sia saja, terutama di jalan perkotaan yang sering macet.

Selain itu, harganya lebih tinggi dibandingkan dengan mobil non-hybrid. Apalagi, saat ini kendaraan Hybrid di Indonesia masih tergolong pada kategori mobil mewah. Kalau begitu, apakah kelebihan Toyota Hybrid hanya pada keiritan bahan bakarnya saja?

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hybrid Dibandingkan Non-Hybrid

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hybrid Dibandingkan Non-Hybrid


Berikut ini kami ulas kelebihan dan kekurangan Toyota Hybrid dibandingan non-Hybrid.

Daftar Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hybrid

Kelebihan Toyota Hybrid

Tentu saja sebelumnya sudah dijelaskan, bahwa kendaraan Hybrid memanfaatkan energi listrik dibandingkan dengan BBM, ini merupakan kelebihan utama dari Toyota Hybrid.

Meski dalam pengoperasiannya mesin penggerak kendaraan Hybrid tetap menggunakan bensin, tapi dalam dalam konsumsinya, BBM yang digunakan lebih irit dibandingkan kendaraan non-Hybrid.

Sebab, saat baru menyalakan mesin atau saat berjalan lambat, mobil masih memanfaatkan tenaga listrik. Begitu pula saat menggunakan audio, AC, power window yang juga digerakkan sepenuhnya oleh tenaga baterai.

Tentu saja, sedikit menggunakan BBM berpengaruh pula pada rendahnya emisi gas buang karena lebih sedikit membakar BBM. Selain itu, suara maupun getaran karena mesin mobil sama sekali tidak bising.

Penumpang maupun orang di sekitar tidak terganggu kenyamanannya. Hal ini karena saat terjadi kemacetan atau berhenti terlalu lama, bensin tidak hidup, yang hidup hanyalah tenaga listrik.

Mobil irit BBM terkesan memiliki kecepatan di bawah rata-rata, namun tidak dengan Toyota Hybrid. Performa akselerasi dan kecepatan Toyota Hybrid akan tetap berada pada level maksimal. Hal ini karena kedua tenaga tetap bekerja unutk memberikan performa terbaik.

Kelemahan Toyota Hybrid

Tidak banyak kelemahan yang ditunjukkan oleh mobil jenis ini. Selain harganya yang memang masih tergolong sangat mahal, biaya perawatannya pun tinggi dan rumit karena menggunakan sistem kelistrikan juga.

Namun, kendaraan Hybrid cukup berbahaya bagi pengguna motor dan pejalanan kaki. Penyebabnya bukan pada kualitas mobil, tetapi karena mesin mobil sangat sunyi, bahkan tidak mengeluarkan suara saat dikendalikan dengan listrik.

Karenanya, tentu akan membahayakan sekitar. Selebihnya mengenai Toyota Hybrid bisa kunjungi laman website https://auto2000.co.id/cars_list/toyota-new-camry-hybrid/. [w3/10/2018_dL]

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hybrid Dibandingkan Non-Hybrid Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hybrid Dibandingkan Non-Hybrid Reviewed by Ade Setiadi Truna on Oktober 17, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

tanpa mengurangi rasa hormat, komentar dimoderasi, ya :)
-
Ingin bekerjasama dengan kami? Sila kirim email ke: blogdangkal@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.