8 Tips Sewa Rumah Di Kota Besar Yogyakarta

8 Tips Sewa Rumah Di Kota Besar Yogyakarta - Sekarang ini banyak individu maupun pihak developer yang menyediakan rumah di area Jogja dengan biaya sewa terjangkau.

Namun demikian, pada saat Anda hanya memiliki budget untuk menyewa rumah di kota-kota besar, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu agar nantinya proses sewa rumah berlangsung lancar dan aman.

Harga sewa

Hal pertama yang perlu dipikirkan adalah harga sewa yang perlu Anda bayar setiap periodenya. Harga sewa ini nantinya perlu Anda kalkulasikan dengan penghasilan yang didapat dan pengeluaran selain uang sewa yang dikeluarkan per bulan.

Dengan memiliki gambaran lengkap uang sewa, Anda bisa membayar tepat waktu dan memastikan tidak ada kebutuhan pokok lain yang terbengkalai.

Tipe rumah

Sekarang ini ada rumah yang disewakan dalam bentuk tipe 21, 36, atau hanya langsung menyewakan beragam rumah dengan luas tertentu.

Untuk itu, Anda perlu menyesuaikan tipe rumah yang Anda sewa dengan kebutuhan. Apakah rumah yang disewa tersebut nantinya bisa digunakan untuk Anda bersama keluarga atau tidak.

Jika rumah yang ditawarkan pada Anda untuk disewa tidak sesuai kebutuhan, tak ada salahnya Anda mencari alternatif lain.

Fasilitas rumah

Ketika Anda menyewa rumah, ada baiknya Anda memperhatikan fasilitas yang dimiliki rumah tersebut untuk mendukung aktivitas yang dilakukan.

Berikut adalah beberapa aspek terkait fasilitas rumah yang bisa Anda lihat secara langsung saat survei ke lokasi.
  • Banyaknya kamar yang dimiliki dalam rumah untuk membaginya sesuai dengan jumlah anggota keluarga yang ikut tinggal bersama Anda.
  • Kelengkapan perabot yang ada didalam rumah dan bagaimana kondisi perabot tersebut. Jika ada perabot yang sudah tidak layak pakai, Anda bisa berkonsultasi dengan pemilik rumah untuk menggantinya dengan biaya pribadi atau difasilitasi dengan pemilik rumah.
  • Seberapa sehat lingkungan yang dimiliki, terutama untuk keberadaan ventilasi dan jendela.
  • Ada tidaknya taman atau halaman pekarangan rumah yang bisa digunakan untuk bermain, ketika Anda memiliki anak kecil.
  • Bagaimana pencahayaaan yang dimiliki di siang dan malam hari.
  • Fasilitas air dan listrik yang dimiliki. Jumlah watt listrik yang dimiliki nantinya akan berpengaruh pada pengeluaran listrik yang umumnya dibayar oleh Anda sendiri selama masa sewa.
  • Fasilitas garasi atau pekarangan yang bisa digunakan untuk memasukkan kendaraan, agar kendaraan yang dimiliki tetap aman.
  • Area hijau yang ada dalam rumah atau area yang bisa ditanami tumbuhan agar ada udara segar yang masih terhirup saat pagi.

Kelayakan bangunan

Jika Anda ingin semua anggota keluarga yang tinggal bersama Anda merasakan kenyamanan untuk beristirahat meski hanya rumah sewa, pastikan dulu kelayakan bangunan yang tersedia. Anda bisa memeriksa hal berikut terkait kelayakan bangunan.
  • Ada tidaknya retakan pada dinding rumah atau lantai yang memungkinkan perembesan air sehingga lantai dan dinding mudah rusak.
  • Bagaimana instalasi kabel listrik yang ada didalam rumah, apakah semua terlindung atau ada kabel yang sudah terkelupas. Jika ada kabel yang terkelupas, maka Anda perlu memperbaikinya agar tidak ada anggota keluarga yang terkena sengatan listrik.
  • Bagaimana kondisi eternit atau genteng rumah. Anda harus memastikan kondisi atap masih bagus sehingga tidak terjadi kebocoran saat musim hujan.
  • Bagaimana sanitasi yang dimiliki oleh bangunan rumah. Anda perlu memikirkan hal ini karena terkadang banyak rumah yang terserang hama tikus atau kecoa, yang jika tidak ditangani dengan baik akan meningkatkan resiko penyakit berbahaya bagi penghuni rumah.
  • Bagaimana prosedur evakuasi yang dimiliki bangunan (letak pintu utama atau posisi tangga), terlebih ketika ada bencana alam seperti gempa atau banjir.

Perjanjian sewa

Ketika Anda tidak ingin merasa dirugikan sebagai pihak penyewa, pastikan perjanjian sewa yang Anda miliki benar-benar disepakati oleh kedua pihak.

8 Tips Sewa Rumah Di Kota Besar Yogyakarta
[internet]
Anda bisa menyertakan poin-poin berikut dalam perjanjian sewa bersama pemilik rumah.
  • Lama waktu sewa yang disepakati di awal dan prosedur untuk perpanjang masa sewa.
  • Hak dan kewajiban yang diberikan pada Anda sebagai pihak penyewa.
  • Konsekuensi yang perlu Anda penuhi sebagai pihak penyewa apabila terjadi kerusakan dalam area rumah (pekarangan, lantai, ruang tidur, dan lainnya) akibat kesalahan Anda. Sebaliknya, Anda juga bisa menyertakan poin perjanjian konsekuensi bagi pemilik rumah apabila dirinya membatalkan sepihak perjanjian sewa dengan Anda.
  • Fasilitas yang bisa ditambahkan pada rumah sewa dan bagaimana prosedur perawatan perabot yang sudah ada dalam rumah.
  • Kesepakatan apabila terjadi kerusakan rumah karena bencana alam atau kebakaran yang tidak disebabkan oleh Anda sebagai pihak penyewa.
  • Bagaimana sistem pembayaran yang perlu dilakukan dan konsekuensi yang terjadi apabila karena sebab tertentu, Anda sebagai pihak penyewa tidak bisa membayar biaya sewa rumah tepat waktu.

Kelengkapan yang bisa ditambahkan

Saat Anda menempati rumah sewaan, pastinya Anda memiliki perabot atau barang pribadi yang akan ditambahkan ke dalam rumah.

Agar Anda bisa tinggal dengan nyaman, Anda perlu mendaftar barang apa saja yang ingin ditambahkan ke dalam rumah selain perabot yang sudah ada.

Anda juga bisa melakukan penataan barang agar nantinya area rumah yang dimiliki terasa lebih luas dan lapang.

Besar pekarangan rumah

Ketika Anda memiliki anak kecil, cobalah mencari rumah yang memiliki pekarangan cukup luas. Selain dapat digunakan sebagai arena bermain, pekarangan yang cukup luas bisa Anda gunakan untuk mengajarinya mengenal lingkungan.

Anda bisa memanfaatkan pekarangan yang dimiliki untuk bercocok tanam atau memelihara binatang seijin pemilik rumah. Dengan cara itu, buah hati Anda akan tumbuh menjadi anak yang lebih peka terhadap lingkungannya.

Cara bayar

Ketika Anda sudah melakukan survei dan cocok dengan rumah yang akan disewa, Anda hanya perlu mendiskusikan cara bayar sewa yang disepakati pemilik rumah.

Anda bisa membayar sewa dengan sistem transfer atau cash sesuai kemampuan yang dimiliki. Namun demikan, selain memperhatikan hal-hal diatas saat ingin sewa rumah, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal lain, seperti:
  • Pengaturan tata letak perabot yang perlu disesuaikan dengan aktivitas dan gaya hidup yang Anda miliki bersama keluarga.
  • Melakukan transaksi langsung dengan pemilik rumah dan bukan dengan pihak ketiga, karena terkadang jika Anda menggunakan pihak ketiga harga sewa yang perlu dibayar kemungkinan lebih tinggi.
  • Kelengkapan berkas rumah yang dimiliki pemilik dan memastikan rumah tidak sedang dalam masa sengketa. Dengan begitu, saat ada beberapa hal yang perlu Anda urus, Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk melakukannya.
  • Rentang harga sewa yang sepadan untuk fasilitas rumah yang ditawarkan oleh pemilik.
  • Rencana kedepan yang ingin Anda miliki bersama rumah yang sedang disewa. Hal ini diperlukan untuk memberi gambaran apakah Anda ingin mencari lokasi sewa lainnya atau tidak.
Dengan memperhatikan beragam hal diatas, semoga Anda bisa segera mendapatkan tempat sewa rumah yang memadai dan sesuai ekspektasi. [w2/9/2018_rN]
8 Tips Sewa Rumah Di Kota Besar Yogyakarta 8 Tips Sewa Rumah Di Kota Besar Yogyakarta Reviewed by Ade Setiadi Truna on September 12, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

tanpa mengurangi rasa hormat, komentar dimoderasi, ya :)
-
Ingin bekerjasama dengan kami? Sila kirim email ke: blogdangkal@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.