3 Tipe Gangguan dalam Menstruasi

3 Tipe Gangguan dalam Menstruasi - Beberapa wanita melewati periode bulanan mereka dengan mudah dengan sedikit atau tanpa kekhawatiran. Periode datang seperti jarum jam, mulai dan berhenti pada waktu yang hampir bersamaan setiap bulan, menyebabkan lebih sedikit ketidaknyamanan.

Namun, wanita lain mengalami sejumlah gejala fisik atau emosional sebelum dan selama periode pre-menstruasi yang menjadi penyebab gangguan menstruasi.

Gejala-gejala ini dapat mengganggu kehidupan seorang wanita dalam berbagai cara dan gangguan saat menstruasi akan berdampak besar pada seorang wanita, jadi tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Jika menstruasi terasa aneh, diskusikan gejalanya dengan dokter pilihan anda. Setelah gejala penyebab gangguan menstruasi ini akan didiagnosis secara akurat.

Dan berikut adalah tipe-tipe gangguan dalam menstuasi (menstruation disorder) dan penyebabnya.

[1] Amenorrhoea

Amenorrhoea berarti tidak datangnya masa menstruasi. Dokter biasanya mengklasifikasikan amenorrhoea menjadi amenorrhoea primer atau sekunder.

Keadaan primer adalah dimana menstruasi tidak pernah dimulai dan pasiennya telah berusia setidaknya 16 tahun, sementara amenorea sekunder adalah keadaan di mana pasien biasanya mengalami menstruasi tetapi berhenti selama 6 bulan atau lebih.

3 Tipe Gangguan dalam Menstruasi

Amenorrhoea dapat disebabkan oleh:
  1. Malfungsi kelenjar tiroid, hipotalamus (bagian otak yang membantu mengatur siklus menstruasi) atau kelenjar pituitari
  2. Masalah dengan indung telur
  3. Masalah pada anatomi uterus, leher rahim atau vagina
  4. Depresi dan beberapa bentuk penyakit mental lainnya
  5. Beberapa obat-obatan, termasuk pil kontrasepsi oral, obat antipsikotik tertentu dan kemoterapi kanker
  6. Penyakit kronis

[2] Menoragia

Menoragia berarti periode dari menstruasi yang panjang. Ini adalah salah satu penyebab paling umum anemia defisiensi pada kaum wanita.

Menoragia mungkin termasuk periode yang berlangsung lama, yang berlangsung lebih dari satu minggu, atau yang melibatkan pendarahan berlebihan atau pembekuan.

3 Tipe Gangguan dalam Menstruasi
[internet]

3 Tipe Gangguan dalam Menstruasi

Beberapa penyebab gangguan menstruasi ini diantaranya:
  1. Ketidakseimbangan hormon (misalnya dalam siklus menstruasi di mana tidak ada sel telur yang diproduksi, yang lebih sering terjadi pada wanita yang baru saja mulai menstruasi dan wanita mendekati menopause)
  2. Gangguan perdarahan
  3. Polip (pertumbuhan kecil di dinding serviks atau uterus)
  4. Penyakit hati atau ginjal
  5. Penyakit radang panggul
  6. Alat kontrasepsi seperti Intra-uterine devices (IUDs)
  7. Beberapa jenis obat, seperti obat anti peradangan dan antikoagulan
Kesimpulan dari artikel 3 Tipe Gangguan dalam Menstruasi ini, sebagian besar masalah siklus menstruasi memiliki penjelasan yang langsung, dan berbagai pilihan perawatan telah tersedia untuk meringankan penyebab gangguan menstruasi setiap perempuan. [w3/7/2018_iBM]
3 Tipe Gangguan dalam Menstruasi 3 Tipe Gangguan dalam Menstruasi Reviewed by Ade Setiadi Truna on Juli 16, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

tanpa mengurangi rasa hormat, komentar dimoderasi, ya :)
-
Ingin bekerjasama dengan kami? Sila kirim email ke: blogdangkal@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.