Langsung ke konten utama

Kiat Ibu Hamil dalam Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Kiat Ibu Hamil dalam Menjaga Kesehatan di Musim Hujan - Ketika hamil, seorang Ibu hamil perlu menjaga kesehatan. Pasalnya, agar bisa menjaga kondisi janin yang ada di dalam kandungan untuk tetap sehat. Sehingga seorang ibu hamil tidak hanya memperhatikan kondisinya saja.

Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan asupan yang dikonsumsi. Tentunya asupan gizi bukan hanya memperhatikan apa yang bumil butuhkan namun yang bayi butuhkan pun juga sama. Ibu hamil memiliki kondisi yang rentan untuk urusan menjaga kesehatan.

Bisa kita perhatikan, dalam kondisi biasa saja seorang Ibu hamil mudah dilanda beberapa gangguan kesehatan, sebut saja; mudah lelah, anemia, mual, mudah stress, dehidrasi (kekurangan cairan) dan hal lainnya yang biasa dirasakan oleh para Ibu hamil.

Kiat Ibu Hamil dalam Menjaga Kesehatan di Musim Hujan
(Internet)

Kiat Ibu Hamil dalam Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Gejala yang biasa melanda ibu hamil tersebut bisa menyerang baik di musim kemarau atau pun di saat musim hujan. Bahkan di musim penghujan, bumil sangat rentan terserang penyakit. Sebab cuaca lembap serta keadaan lingkungan yang kotor setelah hujan akan berpotensi menjadi tempat yang kurang sehat, menjadi sarang kuman serta bakteri jika tidak lekas dibersihkan.

Pancaroba pun menentukan sebagai faktor kenapa bumil rentan terkena penyakit. Perubahan musim yang relatif cepat menjadikan penyakit menjadi lambat menyesuaikan dengan cuaca. Lantas apa ang bisa dilakukan sebagai upaya agar ibu hamil tetap bugar dan sehat selama musim hujan? Dan tetap mampu menjaga kondisi tubuhnya serta janin yang dikandungnya?

Pembaca bisa memperhatikan Kiat Ibu Hamil dalam Menjaga Kesehatan di Musim Hujan berikut ini.

[1] Konsumsi Air Putih

Dalam kondisi normal saja dan dalam cuaca apapun, tubuh seseorang tidak boleh kekurangan cairan. Karena akan sangat menghambat kinerja di dalam tubuh. Apalagi pada Ibu hamil, cairan bukan sangat diperkukan oleh janin demi perkembangan dan pertumbuhannya.

Kekurangan cairan akan membuat Ibu mudah dehidrasi, lemas dan rentan terserang penyakit. Jadi, walaupun dimusim hujan rasa haus tidak selalu mendera Ibu, tetaplah banyak mengkonsumsi air putih demi kelancaran peredaran darah dan ketahanan tubuh.

[2] Vitamin dan Suplemen

Saat hamil, kebutuhan akan asupan yang seimbang terkadang tidak bisa hanya dipenuhi dari makanan. Bahkan sebagian Ibu ada yang memilah-milah makanan yang ingin dikonsumsinya. Atau, kandungan vitamin yang didapat dari makanan sudah berkurang karena proses memasaknya, misalnya.

Jika sudah terjadi demikian, maka Ibu hamil akan sangat membutuhkan vitamin dan suplemen yang akan membantunya dalam menunjang kesehatannya. Mengurangi resiko terserang penyakit dan menjaga sistem imun tubuh.

[3] Konsumsi Minuman Hangat

Mengkonsumsi minuman yang dapat mengahangatkan badan akan berguna bagi Ibu hamil. Ibu bisa mengkonsumsi jahe hangat ataupun lemon hangat. Bagi sebagian pendapat, mengkonsumsi jahe hangat dianggap berbahaya bagi Ibu hamil, karena dianggap dapat meningkatkan asam lambung yang dapat mengganggu ibu dan janin. Namun, jika dikonsumsi secara pas dan tidak berlebihan, jahe bisa dapat membantu Ibu dalam hal menjaga sistem kekebalan tubuh.

[4] Meminum Susu Khusus Hamil

Kebutuhan nutrisi untuk menjaga kebugaran pada saat hamil di musim hujan juga bisa di dapat dari susu yang memang diperuntukan bagi ibu hamil. Kandungan di dalam susu memang memiliki komposisi yang menunjang kesehatan Ibu dan janin, agar sistem kekebalan tubuhnya dan daya tahan tubuh selalu terjaga. Tubuh dan kehamilan yang kuat, akan dapat melawan bakteri dan kuman yang lebih banyak berkembang di musim hujan.

[5] Penuhi Kebutuhan Nutrisi Secukupnya

Menjaga keseimbangan nutrisi dan gizi Ibu hamil sangat perlu untuk membantunya dalam menjalani hari-hari. Perkembangan bayi setiap bulannya membutuhkan segala asupan yang menjadikan Ibu bisa makan dua kali lipat dari biasanya.

Jika saja kebutuhan bayi akan nutrisi kurang, bisa jadi janin akan mengambil asupan yang seharusnya diperuntukan untuk Ibu. Hal ini lah yang menyebabkan rentannya Ibu terkena penyakit. Maka, setiap hari ibu harus benar-benar mengelola pola makannya agar kebutuhan bayi dan Ibu tetap terpenuhi.

Memilih makanan yang tepat agar terpenuhi kalori, asam folat, kalsium, protein, karbohidrat, lemak dan juga vitamin, harus benar-benar menjadi konsentrasi Ibu. Konsumsi sayur, buah-buahan, ikan, daging, kacangan-kacangan dapat menjaga kestabilan tubuh Ibu agar selalu sehat.

Demikian Kiat Ibu Hamil dalam Menjaga Kesehatan di Musim Hujan sebagai upaya dalam mengantisipasi penyakit yang menyerang manusia khususnya ibu hamil.

Jangan lupa untuk tetap berolahraga. Lakukan olahraga yang ringan saja, yang penting mampu menjaga stamina tubuh. Sediakan pula baju hangat gunanya untuk ibu hamil agar bisa beradaptasi dengan kondisi cuaca yang selalu dingin dan lembab. [w3/10-ini]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari

Viu merupakan perusahaan Video On Demand asal Hongkong yang mulai banyak peminatnya di Indonesia termasuk di Bandung. Kehadiran Viu yang berjalan di bawah naungan VuClip ini mencoba memenuhi permintaan pemirsa yang gandrung dengan drama Korea.

Nah, jadi pengguna Kartu Tri jamak yang menerima pesan SMS menginformasikan tentang Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari nih cuy ... Apalagi pengguna yang juga suka sekali dengan drama Korea.

Lebih kurang seperti ini isi pesannya.
Serial K-drama terbaru School 2017 tayang di Viu! Download sekarang di https://goo.gl/7dSLvy dan bebas nikmati Viu premium selama 30hr khusus pengguna Tri. VuClip dengan Viu-nya ini sudah lebih dahulu beroperasi di negara-negara tetangga Indonesia, seperti; Malaysia, India, Hongkong serta Singapura. Di Indonesia, Viu memiliki 15 ribu jam tayang. Seluruh film berikut serial Asia disediakan dalam teks bahasa Indonesia.

Selain itu, Viu menyediakan semua tayangan dalam waktu delapan jam setelah tayang di…

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017 - Berikut selengkapnya.
Pendaftaran CPNS Kemenkumham & MA Info: http://bit.ly/karirglobal74

Formasi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Info: http://bit.ly/2tGPoMJ

Formasi CPNS Mahkamah Agung RI Info: http://bit.ly/2tLiJnl

Formasi CPNS Kementerian Agama Info: http://bit.ly/karirglobal5

Formasi CPNS Dosen Info: http://bit.ly/karirglobal88

Lowongan Kerja Bank BNI Deadline: 6 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal87

Lowongan Reska Multi Usaha (PT KAI) Deadline: 9 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal85

Lowongan BUMN PT Brantas Abipraya Deadline: 22 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal83

Lowongan BUMN PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia Deadline: 11 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal81

Lowongan Anak Perusahaan BUMN PT INKA Deadline: 10 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal80

Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Deadline: 9 September 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal78

Lowongan Fasilitator BPBD Pidie…

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017 - Gunung Wilis merupakan gunung yang masih terbilang tidak aktif (istirahat) sebagai gunung berapi. Letaknya di Jawa Timur memiliki tinggi 2.169 meter di atas permukaan laut (mdpl) ia termasuk dalam wilayah 6 (enam) kabupaten yaitu:
Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek. Di 2017 ini di gunung Wilis akan digelar JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017.

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017 Acara yang akan dilangsungkan di Kawasan Wisata Irenggolo - Kediri selama 2 hari ini dimulai pada 23 hingga 24 September 2017. Masing-masing acara harus membayar uang pendaftaran, sebagai berikut:
Coffee Camp biaya pendaftarannya sebesar Rp100.000 mendapatkan; tenda dan matras, sleeping bag, barbeque, nobar film, kuliner lokal.V60 Battle biaya pendaftarannya sebesar Rp150.000 mendapatkan; tenda dan matras, sleeping bag, hadiah uang tunai, trophy dan produk dari sponsor,Farm Trip …