Langsung ke konten utama

Apakah Akan Tetap Berlanjut Pembangunan Meikarta?

Belum Mengantongi Izin Pembangunan, Apakah Akan Tetap Berlanjut Pembangunan Meikarta? Mungkin sebagian dari pembaca blogdangkal ada yang berpikir seperti itu. Dan konon sejak awal proyeknya pun, Meikarta di Cikarang telah menuai jamak polemik.

Apakah Akan Tetap Berlanjut Pembangunan Meikarta?

Apakah Akan Tetap Berlanjut Pembangunan Meikarta? [internet]

Misal, mulai dari kasak-kusuk tentang hegemoni asing di Indonesia, hingga izin pembangunan proyek pemukiman. Pemandangan tersebut sontak menjadi santer dibicarakan oleh publik termasuk warganet.

Ada lahan seluas 600 hektar yang disebut-sebut memiliki Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT)-nya masih baru seakan ingin menunjukkan langkah tindak lanjut adanya izin lokasi. Eddy Nasution selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar), memaparkan dengan cukup jelas bahwa pihaknya telah meminta Lippo Group untuk menghentikan pembangunan Meikarta sampai seluruh perizinan rampung.

Dan saat ini pembangunan Meikarta hanya baru sebatas penanaman pohon, rumput, dan pengiriman alat konstruksi seperti crane dan sebagainya sesuai dengan pemantauan dari lokasi. Apabila mengacu kepada peraturan, seusai memperoleh IPPT, pihak Lippo wajib:
  • Menyampaikan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), 
  • Mendapatkan Izin Lingkungan, 
  • Izin Mendirikan Bangunan (IMB), 
Kalau ketiga poin di atas sudah dipenuhi maka dilanjutkan dengan memulai proses pembangunan. Kehebohan proyek Meikarta ternyata tidak berhenti sampai di situ, di hari kemerdekaan kemarin (17 Agustus 2017) Meikarta menggelar Grand Launching sekaligus promosi. Meikarta menerbitkan sistem booking fee sebesar 2 juta rupiah saja.

Menyoal keriuhan berita tentang Meikarta, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyayangkan tindakan Lippo yang masih saja melangsungkan aktivitasnya, padahal belum mengantongi izin lengkap.

“Harusnya pihak berwenang bisa menghentikan itu,” tegas wakil Gubernur Jawa Barat kepada salah satu media.

Sebaliknya, Danang Kemayan selaku Direktur PT Lippo Karawaci menjelaskan bahwa pembangunan berjalan dengan tidak ada masalah dan penuntasan perizinan proyek tengah diproses oleh pihak manajemen ke Pemerintah Kabupaten Bekasi. Tentu saja ini berbanding terbalik dengan kabar yang beredar.

Dalam penjelasannya Danang melanjutkan, aktivitas pemasaran yang dilakukan Lippo merupakan langkah yang wajar. Mereka menjual konsep dengan terlebih dulu.

"Toh, yang dibayarkan oleh pelanggan saat ini bukan berupa down payment atau uang muka, melainkan hanya booking fee, dan hal tersebut tidak memerlukan perizinan," tambah Danang.

Pembaca apakah sebagai masyarakat, Anda merasa pelik mengikuti perkembangan informasi Meikarta dari satu masalah ke masalah lain?

Masalah yang ada sepertinya tidak kunjung berhenti, terus-menerus bermunculan. Apakah benar Meikarta menyalahi aturan? Padahal menurut pemberitaan, lahan seluas 84,6 hektar sudah mengantongi izin untuk membangun pemukiman, lho?! Sila Anda baca di sini.

Bahkan izin yang dikeluarkan pun dicicil, yaitu blok per blok sesuai dengan yang dipasarkan saat peluncuran - Anda bisa baca juga berita ini. 

Terakhir, apakah Meikarta bersalah telah melakukan promosi dengan menjual sebuah konsep? Dan perlukah polemik ini terus dihembuskan? Yang lebih bijak sih ada baiknya menunggu serta percaya terhadap stakeholder dalam hal ini pihak pembangun dan pemerintah.

Mari kita tunggu hasil akhir dari langkah-langkah yang sudah dijalankan lalu diproses perizinan. Kita tentu sepakat langkah-langkah sudah dilakukan dengan cermat dan tepat hingga tuntas, bukan? [w2/09-mkt]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari

Viu merupakan perusahaan Video On Demand asal Hongkong yang mulai banyak peminatnya di Indonesia termasuk di Bandung. Kehadiran Viu yang berjalan di bawah naungan VuClip ini mencoba memenuhi permintaan pemirsa yang gandrung dengan drama Korea.

Nah, jadi pengguna Kartu Tri jamak yang menerima pesan SMS menginformasikan tentang Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari nih cuy ... Apalagi pengguna yang juga suka sekali dengan drama Korea.

Lebih kurang seperti ini isi pesannya.
Serial K-drama terbaru School 2017 tayang di Viu! Download sekarang di https://goo.gl/7dSLvy dan bebas nikmati Viu premium selama 30hr khusus pengguna Tri. VuClip dengan Viu-nya ini sudah lebih dahulu beroperasi di negara-negara tetangga Indonesia, seperti; Malaysia, India, Hongkong serta Singapura. Di Indonesia, Viu memiliki 15 ribu jam tayang. Seluruh film berikut serial Asia disediakan dalam teks bahasa Indonesia.

Selain itu, Viu menyediakan semua tayangan dalam waktu delapan jam setelah tayang di…

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017 - Berikut selengkapnya.
Pendaftaran CPNS Kemenkumham & MA Info: http://bit.ly/karirglobal74

Formasi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Info: http://bit.ly/2tGPoMJ

Formasi CPNS Mahkamah Agung RI Info: http://bit.ly/2tLiJnl

Formasi CPNS Kementerian Agama Info: http://bit.ly/karirglobal5

Formasi CPNS Dosen Info: http://bit.ly/karirglobal88

Lowongan Kerja Bank BNI Deadline: 6 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal87

Lowongan Reska Multi Usaha (PT KAI) Deadline: 9 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal85

Lowongan BUMN PT Brantas Abipraya Deadline: 22 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal83

Lowongan BUMN PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia Deadline: 11 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal81

Lowongan Anak Perusahaan BUMN PT INKA Deadline: 10 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal80

Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Deadline: 9 September 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal78

Lowongan Fasilitator BPBD Pidie…

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017 - Gunung Wilis merupakan gunung yang masih terbilang tidak aktif (istirahat) sebagai gunung berapi. Letaknya di Jawa Timur memiliki tinggi 2.169 meter di atas permukaan laut (mdpl) ia termasuk dalam wilayah 6 (enam) kabupaten yaitu:
Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek. Di 2017 ini di gunung Wilis akan digelar JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017.

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017 Acara yang akan dilangsungkan di Kawasan Wisata Irenggolo - Kediri selama 2 hari ini dimulai pada 23 hingga 24 September 2017. Masing-masing acara harus membayar uang pendaftaran, sebagai berikut:
Coffee Camp biaya pendaftarannya sebesar Rp100.000 mendapatkan; tenda dan matras, sleeping bag, barbeque, nobar film, kuliner lokal.V60 Battle biaya pendaftarannya sebesar Rp150.000 mendapatkan; tenda dan matras, sleeping bag, hadiah uang tunai, trophy dan produk dari sponsor,Farm Trip …