Langsung ke konten utama

Angklung Festival Setiap Minggu Hadir di Dusun Bambu

Angklung Festival Setiap Minggu Hadir di Dusun Bambu - Angklung merupakan alat musik bernada ganda (multitonal) yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya cukup mudah, pembaca tinggal menggoyangkannya maka angklung akan mengeluarkan suara disebabkan oleh berbenturannya antara badan pipa bambu.

Alat musik tradisional yang berasal dari masyarakat Sunda Jawa Barat ini mampu menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, hingga 4 nada per ukuran baik angklung besar maupun yang kecil.

Jonathan Rigg dalam bukunya yang berjudul Dictionary of the Sunda Language yang diterbitkan pertama kali pada 1862 di Batavia, menjelaskan, bahwa:
  • angklung adalah alat musik yang terbuat dari pipa-pipa bambu, 
  • ujung-ujungnya dipotong,
  • angklung menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ, dan 
  • diikat bersama dalam suatu bingkai, digoyang-goyang untuk menghasilkan bunyi.

Angklung Festival Setiap Minggu Hadir di Dusun Bambu

Menyoal angklung, Indonesia patut memelihara seni budaya warisan leluhurnya agar jangan sampai punah atau di-klaim oleh bangsa lain. Setidaknya, masyarakat Jawa Barat perlu merasa bertanggung jawab atas kelestarian angklung ini.

Oleh karena itu, sebagai wujud nyata dari upaya melestarikan warisan para leluhur yang telah menciptakan seni angklung maka di Bandung telah diagendakan Angklung Festival Setiap Minggu Hadir di Dusun Bambu.

Untuk bulan Agustus 2017 sendiri, sudah terdapat rundown atau rangkaian acara yang tersusun dengan jelas lengkap dengan tanggalnya. Pembaca bisa memperhatikan infografik Rundown Angklung Festival Dusun Bambu Bandung Jawa Barat Indonesia berikut ini.

Angklung Festival Setiap Minggu Hadir di Dusun Bambu
Rundown Angklung Festival Dusun Bambu Bandung Jawa Barat Indonesia
Tahukah Anda? Angklung telah terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO pada November 2010. 
Setiap Minggunya, Dusun Bambu menampilkan:

  • Ngangklung Ceria
  • PANDA & Bandung Philharmonic String Quartet  
Adapun di Agustus 2017, Angklung Festival Setiap Minggu Hadir di Dusun Bambu hadir pada tanggal 6, 13, 20, 27. Di mana sih alamat Dusun Bambu? 

Tempat yang merupakan Family Leisure Park yang menawarkan sebuah akomodasi dengan taman dan fasilitas barbekyu terletak di Bandung Utara - lebih tepatnya di Jalan Kolonel Masturi KM. 11, Cisarua, Lembang, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551. Ayo luangkan waktu Anda untuk memperkenalkan seni angklung kepada anak dan keluarga kita! [w1/08-ini]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari

Viu merupakan perusahaan Video On Demand asal Hongkong yang mulai banyak peminatnya di Indonesia termasuk di Bandung. Kehadiran Viu yang berjalan di bawah naungan VuClip ini mencoba memenuhi permintaan pemirsa yang gandrung dengan drama Korea.

Nah, jadi pengguna Kartu Tri jamak yang menerima pesan SMS menginformasikan tentang Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari nih cuy ... Apalagi pengguna yang juga suka sekali dengan drama Korea.

Lebih kurang seperti ini isi pesannya.
Serial K-drama terbaru School 2017 tayang di Viu! Download sekarang di https://goo.gl/7dSLvy dan bebas nikmati Viu premium selama 30hr khusus pengguna Tri. VuClip dengan Viu-nya ini sudah lebih dahulu beroperasi di negara-negara tetangga Indonesia, seperti; Malaysia, India, Hongkong serta Singapura. Di Indonesia, Viu memiliki 15 ribu jam tayang. Seluruh film berikut serial Asia disediakan dalam teks bahasa Indonesia.

Selain itu, Viu menyediakan semua tayangan dalam waktu delapan jam setelah tayang di…

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017 - Berikut selengkapnya.
Pendaftaran CPNS Kemenkumham & MA Info: http://bit.ly/karirglobal74

Formasi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Info: http://bit.ly/2tGPoMJ

Formasi CPNS Mahkamah Agung RI Info: http://bit.ly/2tLiJnl

Formasi CPNS Kementerian Agama Info: http://bit.ly/karirglobal5

Formasi CPNS Dosen Info: http://bit.ly/karirglobal88

Lowongan Kerja Bank BNI Deadline: 6 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal87

Lowongan Reska Multi Usaha (PT KAI) Deadline: 9 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal85

Lowongan BUMN PT Brantas Abipraya Deadline: 22 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal83

Lowongan BUMN PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia Deadline: 11 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal81

Lowongan Anak Perusahaan BUMN PT INKA Deadline: 10 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal80

Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Deadline: 9 September 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal78

Lowongan Fasilitator BPBD Pidie…

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017 - Gunung Wilis merupakan gunung yang masih terbilang tidak aktif (istirahat) sebagai gunung berapi. Letaknya di Jawa Timur memiliki tinggi 2.169 meter di atas permukaan laut (mdpl) ia termasuk dalam wilayah 6 (enam) kabupaten yaitu:
Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek. Di 2017 ini di gunung Wilis akan digelar JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017.

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017 Acara yang akan dilangsungkan di Kawasan Wisata Irenggolo - Kediri selama 2 hari ini dimulai pada 23 hingga 24 September 2017. Masing-masing acara harus membayar uang pendaftaran, sebagai berikut:
Coffee Camp biaya pendaftarannya sebesar Rp100.000 mendapatkan; tenda dan matras, sleeping bag, barbeque, nobar film, kuliner lokal.V60 Battle biaya pendaftarannya sebesar Rp150.000 mendapatkan; tenda dan matras, sleeping bag, hadiah uang tunai, trophy dan produk dari sponsor,Farm Trip …