Langsung ke konten utama

Batik Asli Asal Garut

Di Bandung dan tempat-tempat lain pun sama - setiap 2 Oktober masyarakat merayakan Hari Batik Nasional. Maka di hari tersebut, tidak jarang kita melihat di masyarakat begitu Bangga Pakai Batik Indonesia. Mulai dari pejabat pemerintah, BUMN, Seniman, Mahasiswa dan pelajar serempak mengenakan batik dalam menjalankan aktifitasnya.

Bangga Berbatik telah melekat dalam hati sanubari masyarakat di Indonesia. Ini berarti menandakan keberhasilan para seniman budaya tradisional khususnya batik dalam memperjuangkan hingga tetap lestari sampai dengan hari ini.

Berbicara batik sebagai bahan sandang baik untuk keperluan sehari-hari atau pun untuk keperluan yang khusus, memakai batik kini telah menjadi sebuah kebanggaan. Hingga kini batik di Indonesia sudah melewati fase perkembangan desain sebagai dampak dari adanya perpaduan ragam budaya yang pernah singgah di Nusantara.

Penyebaran Batik Indonesia terdapat di daerah-daerah yang tentunya sangat signifikan menghasilkan kain batik. Untuk di pulau Jawa kita bisa menyebut nama-nama kota seperti; Yogyakarta, Surakarta, Pekalongan, Cirebon, Tasikmalaya serta Garut.

Batik Asli Asal Garut 

Garut merupakan salah satu penghasil batik yang menonjol di Jawa Barat. Ia cukup terkenal yang sampai dengan hari ini mampu memproduksi kain batik dengan corak serta wama yang khas. Perkembangan batik Garut nampak pada motif; warna, bahan, fungsi dan pemasarannya, redaksi sempat mewawancarai salah seorang pengrajin batik bernama Teh Ai. Menurutnya, batik asli asal Garut memiliki corak yang beragam.

Salah satunya adalah corak sawarna, yang berarti satu warna. Batik sawarna hanya menampilkan batik dengan satu warna saja dan bahan dasar putihnya sengaja dipertahankan (tidak diubah dengan warna lain atau ada penambahan warna lain).

Ada juga batik cap asli Garut yang menampilkan lebih dari satu corak warna dalam selembar bahan. Teh Ai selalu menggunakan bahan kain berkualitas, salah satunya adalah kain khusus batik. "Saya menggunakan bahan katun prima garuda dengan ukuran 2,3 meter (panjang-red) dan 1,15 meter (lebar-red)," jelas Ai.

Berdasarkan kajian ilmiah yang sudah dilakukan oleh mahasiswa STISI Telkom, hasil karya budaya Jawa Barat khususnya Garut bisa diambil kesimpulan bahwa, batik asli asal Garut senantiasa menampilkan unsur-unsur rupa dengan aspek historisnya yang kuat.

Pengrajin seperti teh Ai bisa disebut pula dengan seniman berbakat sebab penerapan karya kreatif yang dituangkan dalam batik memerlukan teknik (skill) yang tinggi selain kepekaan batin serta keuletan (kesabaran).

Pada awalnya, batik asli asal Garut dipakai untuk memenuhi kebutuhan sandang yaitu sebagai sinjang (bahasa Sunda) atau jarit (bahasa Jawa) sebagai penutup aurat wanita bagian bawah (rok).

Kini seiring perkembangan fashion, kain batik asli Garut pun takluput dari perhatian para perancang busana. Sehingga kini tersebar busana modis dan trendi dengan menggunakan bahan batik asli Garut baik untuk laki-laki atau perempuan, tua maupun muda.

Anda tertarik dengan Batik Asli Asal Garut? Silakan kunjungi fanpage-nya di sini. Ada beragam pilihan batik dengan harga-harga yang bervariasi. [w4/06-ini]

Batik Asli Asal Garut
Batik Asli Asal Garut 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari

Viu merupakan perusahaan Video On Demand asal Hongkong yang mulai banyak peminatnya di Indonesia termasuk di Bandung. Kehadiran Viu yang berjalan di bawah naungan VuClip ini mencoba memenuhi permintaan pemirsa yang gandrung dengan drama Korea.

Nah, jadi pengguna Kartu Tri jamak yang menerima pesan SMS menginformasikan tentang Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari nih cuy ... Apalagi pengguna yang juga suka sekali dengan drama Korea.

Lebih kurang seperti ini isi pesannya.
Serial K-drama terbaru School 2017 tayang di Viu! Download sekarang di https://goo.gl/7dSLvy dan bebas nikmati Viu premium selama 30hr khusus pengguna Tri. VuClip dengan Viu-nya ini sudah lebih dahulu beroperasi di negara-negara tetangga Indonesia, seperti; Malaysia, India, Hongkong serta Singapura. Di Indonesia, Viu memiliki 15 ribu jam tayang. Seluruh film berikut serial Asia disediakan dalam teks bahasa Indonesia.

Selain itu, Viu menyediakan semua tayangan dalam waktu delapan jam setelah tayang di…

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017 - Berikut selengkapnya.
Pendaftaran CPNS Kemenkumham & MA Info: http://bit.ly/karirglobal74

Formasi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Info: http://bit.ly/2tGPoMJ

Formasi CPNS Mahkamah Agung RI Info: http://bit.ly/2tLiJnl

Formasi CPNS Kementerian Agama Info: http://bit.ly/karirglobal5

Formasi CPNS Dosen Info: http://bit.ly/karirglobal88

Lowongan Kerja Bank BNI Deadline: 6 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal87

Lowongan Reska Multi Usaha (PT KAI) Deadline: 9 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal85

Lowongan BUMN PT Brantas Abipraya Deadline: 22 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal83

Lowongan BUMN PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia Deadline: 11 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal81

Lowongan Anak Perusahaan BUMN PT INKA Deadline: 10 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal80

Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Deadline: 9 September 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal78

Lowongan Fasilitator BPBD Pidie…

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017 - Gunung Wilis merupakan gunung yang masih terbilang tidak aktif (istirahat) sebagai gunung berapi. Letaknya di Jawa Timur memiliki tinggi 2.169 meter di atas permukaan laut (mdpl) ia termasuk dalam wilayah 6 (enam) kabupaten yaitu:
Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek. Di 2017 ini di gunung Wilis akan digelar JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017.

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017 Acara yang akan dilangsungkan di Kawasan Wisata Irenggolo - Kediri selama 2 hari ini dimulai pada 23 hingga 24 September 2017. Masing-masing acara harus membayar uang pendaftaran, sebagai berikut:
Coffee Camp biaya pendaftarannya sebesar Rp100.000 mendapatkan; tenda dan matras, sleeping bag, barbeque, nobar film, kuliner lokal.V60 Battle biaya pendaftarannya sebesar Rp150.000 mendapatkan; tenda dan matras, sleeping bag, hadiah uang tunai, trophy dan produk dari sponsor,Farm Trip …