Langsung ke konten utama

5 Wisata Sejarah di Jogjakarta juga Tidak Kalah Mengasyikkan

5 Wisata Sejarah di Jogjakarta juga Tidak Kalah Mengasyikkan - Jogjakarta terkenal sebagai kota yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya lokalnya. Selain itu kota ini juga memiliki sejarah panjang yang sangat menarik, yang bisa ditelusuri dari zaman purbakala hingga masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Sebagai kota budaya, Jogjakarta memiliki potensi wisata yang sangat besar. Beragam destinasi wisata favorit tersedia lengkap di kota gudeg ini. Wisatawan dapat dengan bebas memilih jenis wisata yang mereka inginkan.

Mulai dari wisata budaya, wisata alam, wisata urban, wisata kuliner, atau wisata sejarah. Wisata sejarah di Jogja sebenarnya sangat menarik untuk dilakukan. Namun, biasanya para wisatawan lebih memilih jenis wisata lainnya ketika sedang liburan di kota ini. 

Padahal ada destinasi-destinasi wisata sejarah terkenal yang sayang sekali untuk dilewatkan, seperti;

[1] Situs Purbakala Sokoliman 

Situs Purbakala Sokoliman

Perjalanan wisata sejarah Jogja bisa dimulai dengan berkunjung ke Situs Purbakala Sokoliman yang ada di Gunungkidul. Kawasan ini dulu pernah menjadi pemukiman para manusia purba.

Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya berbagai macam artefak kuno peninggalan zaman megalitikum. Situs Purbakala Sokoliman ini merupakan salah satu situs purbakala terbesar yang pernah ditemukan. 

Temuan yang ada di situs ini, di antaranya kubur batu, jajaran batu, gua purba, sumur, dan lainnya.

[2] Keraton Jogjakarta

Menurut sejarahnya, Keraton Jogjakarta dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono ke-1 pada tahun 1755, di bekas pesanggrahan yang bernama Garjitawati. Wisata keraton Jogjalarta dibuka mulai pukul 09.00 dan ditutup pada pukul 14.00 setiap harinya.

Di dalam keraton, terdapat koleksi bersejarah yang dipamerkan. Benda-benda tersebut terdiri dari, kereta kencana, koleksi lukisan, benda-benda pusaka, dan perangkat kesenian. Terdapat pula pagelaran seni yang dilakukan di dalam keraton.

[3] Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg dulunya dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda untuk menahan serangan dari Keraton Jogjakarta. Benteng ini dibangun pada tahun 1765 dan dilengkapi dengan parit yang mengelilingi bangunan benteng serta menara pengawas di 4 sudut yang ada.
Benteng Vredeburg

Sebelum bernama Vredeburg, tempat ini semula bernama Rustenburg. Fasilitas yang ada di bangunan bersejarah ini terdiri dari: perpustakaan, ruang pertunjukan, ruang seminar dan diskusi, ruang pelatihan dan pertemuan, ruang audio visual, dan ruangan-ruangan lainnya.

[4] Monumen Jogja Kembali

Monumen ini dibangun untuk mengenang kesuksesan TNI dalam merebut kembali Jogjakarta dari tangan penjajah Belanda. Monumen Jogja Kembali atau biasa disingkat dengan nama Monjali dibangun pada 29 Juni 1985. Peletakkan batu pertama dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Sri Paku Alam VII.

[5] Museum Perjuangan Jogjakarta

Museum ini didirikan untuk mengenang sejarah perjuangan Bangsa Indonesia pada peringatan 50 tahun kebangkitan nasional. Museum ini terkenal karena corak bangunannya yang khas.

Bangunan museum memang terinspirasi oleh arsitektur Romawi kuno dan adaptasi dari bangunan candi era Mataram kuno. Jogjakarta juga dikenal dengan biaya hidupnya yang relatif terjangkau, dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Selain biaya kebutuhan pribadi, biaya sewa akomodasi yang ada di Jogja juga tergolong hemat. Apalagi, jika wisatawan yang berkunjung menyewa hotel di Jogja dari jaringan hotel Airy Rooms.

Selain murah meriah, hotel-hotel Airyrooms juga memiliki jaminan fasilitas unggulan, seperti AC di setiap kamar, TV Layar Datar, pemanas air, perlengkapan mandi, air minum, dan internet gratis.

Kamar yang ada juga selalu bersih, rapi, dan wangi. Airy Rooms memiliki sistem pemesanan hotel yang mudah. Tamu bisa memesannya lewat website atau lewat aplikasi yang bisa diunduh di ponsel pintar.

Airy Rooms Jogjakarta

Pembayaran hotel Airy Rooms dapat melalui 2 cara, yaitu transfer antar bank atau dengan menggunakan kartu kredit. Nah, sekarang, tidak perlu khawatir dengan biaya sewa hotel yang tinggi. Hotel Airy Rooms sudah tersedia di banyak daerah di Indonesia. [w4/05-ar]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari

Viu merupakan perusahaan Video On Demand asal Hongkong yang mulai banyak peminatnya di Indonesia termasuk di Bandung. Kehadiran Viu yang berjalan di bawah naungan VuClip ini mencoba memenuhi permintaan pemirsa yang gandrung dengan drama Korea.

Nah, jadi pengguna Kartu Tri jamak yang menerima pesan SMS menginformasikan tentang Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari nih cuy ... Apalagi pengguna yang juga suka sekali dengan drama Korea.

Lebih kurang seperti ini isi pesannya.
Serial K-drama terbaru School 2017 tayang di Viu! Download sekarang di https://goo.gl/7dSLvy dan bebas nikmati Viu premium selama 30hr khusus pengguna Tri. VuClip dengan Viu-nya ini sudah lebih dahulu beroperasi di negara-negara tetangga Indonesia, seperti; Malaysia, India, Hongkong serta Singapura. Di Indonesia, Viu memiliki 15 ribu jam tayang. Seluruh film berikut serial Asia disediakan dalam teks bahasa Indonesia.

Selain itu, Viu menyediakan semua tayangan dalam waktu delapan jam setelah tayang di…

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017 - Berikut selengkapnya.
Pendaftaran CPNS Kemenkumham & MA Info: http://bit.ly/karirglobal74

Formasi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Info: http://bit.ly/2tGPoMJ

Formasi CPNS Mahkamah Agung RI Info: http://bit.ly/2tLiJnl

Formasi CPNS Kementerian Agama Info: http://bit.ly/karirglobal5

Formasi CPNS Dosen Info: http://bit.ly/karirglobal88

Lowongan Kerja Bank BNI Deadline: 6 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal87

Lowongan Reska Multi Usaha (PT KAI) Deadline: 9 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal85

Lowongan BUMN PT Brantas Abipraya Deadline: 22 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal83

Lowongan BUMN PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia Deadline: 11 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal81

Lowongan Anak Perusahaan BUMN PT INKA Deadline: 10 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal80

Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Deadline: 9 September 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal78

Lowongan Fasilitator BPBD Pidie…

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017 - Gunung Wilis merupakan gunung yang masih terbilang tidak aktif (istirahat) sebagai gunung berapi. Letaknya di Jawa Timur memiliki tinggi 2.169 meter di atas permukaan laut (mdpl) ia termasuk dalam wilayah 6 (enam) kabupaten yaitu:
Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek. Di 2017 ini di gunung Wilis akan digelar JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017.

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017 Acara yang akan dilangsungkan di Kawasan Wisata Irenggolo - Kediri selama 2 hari ini dimulai pada 23 hingga 24 September 2017. Masing-masing acara harus membayar uang pendaftaran, sebagai berikut:
Coffee Camp biaya pendaftarannya sebesar Rp100.000 mendapatkan; tenda dan matras, sleeping bag, barbeque, nobar film, kuliner lokal.V60 Battle biaya pendaftarannya sebesar Rp150.000 mendapatkan; tenda dan matras, sleeping bag, hadiah uang tunai, trophy dan produk dari sponsor,Farm Trip …