Langsung ke konten utama

Perusahaan Fintech yang Kian Marak Hadir di Indonesia

Informasi berikut ini masih terbilang mutakhir yang dirilis oleh portal khusus bidang teknologi internet termasuk perkembangan bisnis stratup di Indonesia. Melansir informasi yang disebutkan oleh Tech in Asia Indonesia dalam tajuk utamanya menulis Berita Startup Teknologi di Indonesia Minggu Ini 7 Januari 2017.

Mereka mencoba mengetengahkan menghadirkan ulasan-ulasan mengenai perkembangan bisnis startup Indonesia di tahun lalu selama dua minggu terakhir. Menurut laporannya, pada 2016 - yang paling dominan isu yang berkembang mengenai berita bisnis e-commerce, transportasi online, hingga FinTech.

Perusahaan Fintech yang Kian Marak Hadir di Indonesia

FinTech merupakan istilah yang disandingkan saat mennyebut bisnis teknologi keuangan dalam jaringan (online). Dan ini merupakan akronim untuk Financial Technology, artinya sebuah inovasi pembiayaan keuangan yang menggunakan pemanfaatan teknologi sebagai infra struktur pendukungnya.

Dewasa ini perusahaan fintech di Indonesia didominasi aneka macam startup dengan kekurangan serta kelebihannya masing-masing serta memiliki potensi besar sebagai sumber pendanaan untuk modal usaha.

Dengan potensi besar perusahaan FinTech di Indonesia, tak heran bila mulai banyak pelaku keuangan yang tertarik untuk mendirikan usaha digital tersebut.

Di Indonesia sendiri, perusahaan FinTech memiliki banyak jenis, diantaranya; peminjaman (lending), pembayaran, perencanaan keuangan, riset keuangan, dan masih banyak lagi.

Dengan jumlah penduduk mencapai 200 juta jiwa, dan status negara berkembang, menjadi potensi keuntungan tersendiri bagi perusahaan FinTech di Indonesia. Sebab, kebutuhan modal dari sektor UKM yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional sekaligus menjadi instrumen penting bagi perusahaan FinTech di Indonesia.

Menyoal tentang Perusahaan FinTech yang Kian Marak Hadir di Indonesia, berikut ini 5 (lima) FinTech Terbaik yang ada di tanah air:

[1] Bareksa (Investasi)

Kini jamak dari pemegang modal yang memiliki ketertarikan untuk investasi di Indonesia. Yang menjadi daya tarik para investor tersebut rupanya adanya kemudahan layanan berbasis teknologi. Dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun merestui bagi perusahan FinTech di Indonesia, yaitu Bareksa untuk menjadi sebuah perusahaan teknologi pertama di Indonesia yang menjual efek reksa dana (APERD) secara online ke nasabahnya.

[2] Veritrans (Pembayaran/Payment)

Indonesia saat ini pun tengah diramaikan dengan munculnya pelaku bisnis startup bidang FinTech, khususnya jasa pembayaran. Salah satu yang dinilai terbaik adalah Veritrans.

[3] Dompetku Indosat Ooredoo (Pembayaran/Payment)

Di posisi ketiga bisnis startup yang dinilai memiliki reputasi terbaik adalah Dompetku dari Indosat Ooredoo.


Perusahaan besar ini sepertinya mulai fokus untuk ambil peran dalam industri finansial. Indosat Ooredoo via aplikasi Dompetku tengah menjalankan bisnis dan mencari peruntungan menggunakan sistem mobile payment company.

[4] DuitPintar (Situs Pembanding Produk Keuangan)

Walaupun secara umum kelihatan sama dengan jamaknya perusahaan FinTech lain yang ada di Indonesia. Namun DuitPintar sebagai situs keuangan menggapai kesuksesan sebagai salah satu yang terdepan dalam bisnis startup di bidang pembanding produk keuangan.
Ekspektasi pengguna DuitPintar sangat berharap bahwa aplikasi terbaik ini mampu menjadi pembanding dan memberikan solusi. Pada akhirnya masyarakat bisa teredukasi dengan paparan yang diberikan oleh DuitPintar

[5] Amartha (Peminjaman/ P2P Lending)

Amartha hingga hari ini sudah menggelotorkan modal sebesar 30 milyar rupiah agar dapat menjadi startup bisnis FinTech. Amartha saat inimenyandang status sebagai startup yang memiliki konsentrasi bisnis di bidang layanan pemberian pinjaman khususnya bagi masyarakat pedesaan di Indonesia. Pada akhirnya, dengan upaya yang sudah dilakukan selama ini membuat Amartha masuk ke dalam kelompok bisnis social financing.

Amartha memiliki tekad yang bulat sebagai startup yang mampu membangkitkan usaha kecil bagi masyarakat pinggiran. Dan faktanya, sudah ada catatan bahwa perusahaan startup ini sukses menyalurkan modal pada lebih dari 20 ribu nasabah dalam kurun waktu kurang lebih dari 6 tahun.

Itulah sekilas informasi dunia FinTech di Indonesia. Semoga artikel Perusahaan Fintech yang Kian Marak Hadir di Indonesia ini bisa menambah wahana literasi Anda tentang teknologi keuangan digital yang berkembang di tanah air. [w4/12/2016_IBD]

Rujukan:
id.techinasia.com/berita-startup-teknologi-di-indonesia-7-januari-2017
amartha.com/blog/5-perusahaan-fintech-p2p-lending-terbaik-di-indonesia-berdasarkan-jenisnya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari

Viu merupakan perusahaan Video On Demand asal Hongkong yang mulai banyak peminatnya di Indonesia termasuk di Bandung. Kehadiran Viu yang berjalan di bawah naungan VuClip ini mencoba memenuhi permintaan pemirsa yang gandrung dengan drama Korea.

Nah, jadi pengguna Kartu Tri jamak yang menerima pesan SMS menginformasikan tentang Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari nih cuy ... Apalagi pengguna yang juga suka sekali dengan drama Korea.

Lebih kurang seperti ini isi pesannya.
Serial K-drama terbaru School 2017 tayang di Viu! Download sekarang di https://goo.gl/7dSLvy dan bebas nikmati Viu premium selama 30hr khusus pengguna Tri. VuClip dengan Viu-nya ini sudah lebih dahulu beroperasi di negara-negara tetangga Indonesia, seperti; Malaysia, India, Hongkong serta Singapura. Di Indonesia, Viu memiliki 15 ribu jam tayang. Seluruh film berikut serial Asia disediakan dalam teks bahasa Indonesia.

Selain itu, Viu menyediakan semua tayangan dalam waktu delapan jam setelah tayang di…

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017 - Berikut selengkapnya.
Pendaftaran CPNS Kemenkumham & MA Info: http://bit.ly/karirglobal74

Formasi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Info: http://bit.ly/2tGPoMJ

Formasi CPNS Mahkamah Agung RI Info: http://bit.ly/2tLiJnl

Formasi CPNS Kementerian Agama Info: http://bit.ly/karirglobal5

Formasi CPNS Dosen Info: http://bit.ly/karirglobal88

Lowongan Kerja Bank BNI Deadline: 6 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal87

Lowongan Reska Multi Usaha (PT KAI) Deadline: 9 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal85

Lowongan BUMN PT Brantas Abipraya Deadline: 22 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal83

Lowongan BUMN PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia Deadline: 11 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal81

Lowongan Anak Perusahaan BUMN PT INKA Deadline: 10 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal80

Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Deadline: 9 September 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal78

Lowongan Fasilitator BPBD Pidie…

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017 - Gunung Wilis merupakan gunung yang masih terbilang tidak aktif (istirahat) sebagai gunung berapi. Letaknya di Jawa Timur memiliki tinggi 2.169 meter di atas permukaan laut (mdpl) ia termasuk dalam wilayah 6 (enam) kabupaten yaitu:
Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek. Di 2017 ini di gunung Wilis akan digelar JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017.

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017 Acara yang akan dilangsungkan di Kawasan Wisata Irenggolo - Kediri selama 2 hari ini dimulai pada 23 hingga 24 September 2017. Masing-masing acara harus membayar uang pendaftaran, sebagai berikut:
Coffee Camp biaya pendaftarannya sebesar Rp100.000 mendapatkan; tenda dan matras, sleeping bag, barbeque, nobar film, kuliner lokal.V60 Battle biaya pendaftarannya sebesar Rp150.000 mendapatkan; tenda dan matras, sleeping bag, hadiah uang tunai, trophy dan produk dari sponsor,Farm Trip …