Langsung ke konten utama

Penanaman Modal Asing Indonesia

Berbicara mengenai Penanaman Modal Asing Indonesia, tahun lalu (2015) tercatat bahwa Indonesia diincar oleh investor asing untuk menanamkan modalnya di sini.

Hal ini menjadi alasan bagi Indonesia untuk bisa sedikit bernafas lega sebab bila dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya, negara di era Jokowi-JK seperti sekarang ini, Indonesia mampu menyisihkan negara seperti Thailand, Vietnam serta Malaysia untuk urusan Penanaman Modal Asing Indonesia.

Isu positif ini semakin kuat dengan adanya catatan yang mengindikasikan perkembangan bidang investasi asing di Indonesia yang dirilis oleh BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal).

Kepala BKPM Franky Sibarani menyebutkan bahwa, "Arus investasi asing yang masuk ke Indonesia selama semester I-2015 telah mencapai USD13,66 miliar atau lebih kurang Rp 191,2 triliun."

Dibandingkan dengan beberapa negara ASEAN, Indonesia memiliki porsi terbesar; mampu mencapai 31% dari jumlah seluruh investasi asing yang masuk. Jumlah porsi ini lebih besar daripada jumlah yang dikantongi oleh Vietnam yaitu hanya 17% saja atau sama dengan USD7,53 miliar, begitu pula Malaysia, hanya berkisar 16% sebanding dengan USD7,01 miliar saja untuk periode pertengahan tahun 2015.

Data tersebut di atas mengindikasikan di saat keadaanekonomi global yang tidak baik, Indonesia justru berpotensi menjadi negara target para penanam modal asing khususnya di ASEAN.

Menurut Franky saat dirinya menghadiri konferensi pers perkembangan terkini investasi langsung asing alias foreign direct investment (FDI) di kantor BKPM belum lama ini menyebutkan, "Pencapaian ini mengindikasikan penurunan nilai tukar rupiah dan kondisi perekonimian Indonesia yang seerti jalan di tempat ini masih belum mempengaruhi arus penanaman modal asing Indonesia."

Hal lain yang takkalah pentingnya seputar perkembangan perekonomian Indonesia adalah sebuah survey yang sudah dilakukan oleh The Economist Corporate Network. Dari hasil survey-nya yang diberi judul Investing Into Asia's Reform Landscape: Asia Business Outlook Survey 2015 dinyatakan Indonesia merebut posisi kedua sebagai negara tujuan penanaman modal asing di Asia, sedangkan posisi pertama masih dipegang oleh Tiongkok.

Kini di tahun 2016, sudah tercatat banyak berita tentang perkembangan penanaman modal asing yang masuk ke Indonesia. Setidaknya ada 6 penanam modal asing yang akan memperkuat bisnisnya dengan menggelontorkan anggaran sebanyak US$ 75 Miliar. Pemandangan ini dinilai sangat baik oleh Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri.

Penanaman Modal Asing Indonesia
Penanaman Modal Asing Indonesia [foto: inet]
Bila diuraikan dari nilai penanaman modal asing di Indonesia yang secara umum sudah ditulis pada penjelasan di atas, lebih kurang menjadi seperti berikut.

Investasi US$ 75 miliar adalah nilai yang menjadi bagian dari rencana penanaman modal yang telah menjadi komitmen beberapa investor untuk Indonesia lewat pemerintah, sebut saja Foxconn Technology Group, pemasok Apple Inc, dengan masing-masing mengeluarkan angka US$ 5-10 miliar.

"Rencana penanaman modal asing Indonesia sebanyak US$ 75 miliar mengindikasikan bahwa penanaman modal dapat menjadi pendorong perekonomian Indonesia di masa yang akan datang." pungkas Chatib Basri. [w3/07_ibd]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari

Viu merupakan perusahaan Video On Demand asal Hongkong yang mulai banyak peminatnya di Indonesia termasuk di Bandung. Kehadiran Viu yang berjalan di bawah naungan VuClip ini mencoba memenuhi permintaan pemirsa yang gandrung dengan drama Korea.

Nah, jadi pengguna Kartu Tri jamak yang menerima pesan SMS menginformasikan tentang Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari nih cuy ... Apalagi pengguna yang juga suka sekali dengan drama Korea.

Lebih kurang seperti ini isi pesannya.
Serial K-drama terbaru School 2017 tayang di Viu! Download sekarang di https://goo.gl/7dSLvy dan bebas nikmati Viu premium selama 30hr khusus pengguna Tri. VuClip dengan Viu-nya ini sudah lebih dahulu beroperasi di negara-negara tetangga Indonesia, seperti; Malaysia, India, Hongkong serta Singapura. Di Indonesia, Viu memiliki 15 ribu jam tayang. Seluruh film berikut serial Asia disediakan dalam teks bahasa Indonesia.

Selain itu, Viu menyediakan semua tayangan dalam waktu delapan jam setelah tayang di…

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017 - Berikut selengkapnya.
Pendaftaran CPNS Kemenkumham & MA Info: http://bit.ly/karirglobal74

Formasi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Info: http://bit.ly/2tGPoMJ

Formasi CPNS Mahkamah Agung RI Info: http://bit.ly/2tLiJnl

Formasi CPNS Kementerian Agama Info: http://bit.ly/karirglobal5

Formasi CPNS Dosen Info: http://bit.ly/karirglobal88

Lowongan Kerja Bank BNI Deadline: 6 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal87

Lowongan Reska Multi Usaha (PT KAI) Deadline: 9 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal85

Lowongan BUMN PT Brantas Abipraya Deadline: 22 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal83

Lowongan BUMN PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia Deadline: 11 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal81

Lowongan Anak Perusahaan BUMN PT INKA Deadline: 10 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal80

Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Deadline: 9 September 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal78

Lowongan Fasilitator BPBD Pidie…

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017 - Gunung Wilis merupakan gunung yang masih terbilang tidak aktif (istirahat) sebagai gunung berapi. Letaknya di Jawa Timur memiliki tinggi 2.169 meter di atas permukaan laut (mdpl) ia termasuk dalam wilayah 6 (enam) kabupaten yaitu:
Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek. Di 2017 ini di gunung Wilis akan digelar JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017.

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017 Acara yang akan dilangsungkan di Kawasan Wisata Irenggolo - Kediri selama 2 hari ini dimulai pada 23 hingga 24 September 2017. Masing-masing acara harus membayar uang pendaftaran, sebagai berikut:
Coffee Camp biaya pendaftarannya sebesar Rp100.000 mendapatkan; tenda dan matras, sleeping bag, barbeque, nobar film, kuliner lokal.V60 Battle biaya pendaftarannya sebesar Rp150.000 mendapatkan; tenda dan matras, sleeping bag, hadiah uang tunai, trophy dan produk dari sponsor,Farm Trip …