Langsung ke konten utama

Reklamasi Teluk Benoa

Pembangunan reklamasi kini sedang gencar-gencar dilakukan, tapi banyak pihak juga yang tidak setuju dibangunnya sebuah reklamasi. Reklamasi Teluk Benoa merupakan salah satu teluk yang sekarang ini akan dilakukan reklamasi.

Reklamasi Teluk Benoa
Reklamasi Teluk Benoa
Namun pembangunan reklamasi tersebut tidak selalu berjalan mulus, karena banyak aksi pro dan kontra terhadap proyek reklamasi tersebut seperti adanya penolakan dengan demo di sana-sini.

Menurut BBC Indonesia, di Bali terdapat aksi penolakan oleh warga yang tergabung dari 27 desa adat yang turun ke jalan dengan membawa ogoh-ogoh raksaksa sebagai bentuk penolakannya.

Teluk Benoa secara geografis merupakan sebuah teluk yang membentuk hurup G, karena bagian depan teluk terhalang oleh Tanjung Benoa. Dahulu, Teluk Benoa merupakan kawasan maritim yang cukup maju, sehingga dijadikan sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal.

Pengertian reklamasi sendiri yaitu menciptakan lahan baru berbentuk pulau yang sebelumnya kawasan berair seperti daerah pantai, teluk, sungai, danau, maupun di rawa-rawa.

Tujuan dari reklamasi yaitu membuat kawasan baru untuk dimanfaatkan berbagai keperluan seperti ekonomi, pariwisata, dan juga penyelamatan lingkungan.

Kini abrasi di Teluk Benoa semakin memprihatinkan sehingga akan mengikis keberadaan pura – pura yang ada di sekitar Teluk Benoa, dengan dilakukannya reklamasi akan mengamankan daratan pesisir Teluk Benoa.

Pembangunan reklamasi sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh berbagai negara salah satunya Singapura. Singapura menjadi salah satu negara yang sukses dengan reklamasinya seperti reklamasi di Pulau Jurong.

Tujuan setiap pembangunan reklamasi berbeda-beda, tujuan pembangunan reklamasi Teluk Benoa sendiri yaitu untuk mengurangi dampak bencana alam dan juga meningkatkan daya saing bidang pariwisata dengan menerapkan konsep green development.

Beberapa media menyebutkan bahwa reklamasi Teluk Benoa sebagian besar reklamasinya akan dibentuk hutan mangrove, sebagian yang lain untuk fasilitas umum seperti art centre, gedung pameran kerajinan, GOR, tempat ibadah, sekolah, dan juga beberapa lokasi wisata.

Dengan adanya hutan bakau yang sangat luas di kawasan Teluk Benoa akan melindungi ancaman abrasi akibat perubahan iklim yang terus berubah.

Dilihat dari sisi positif, dampak pembangunan reklamasi di teluk benoa sangat menguntungkan bagi pembangunan kawasan tersebut. Kini masih banyak masyarakat yang kontra dengan rencana reklamasi di teluk benoa tersebut.

Reklamasi Teluk Benoa merupakan salah satu pembangunan reklamasi di Indonesia, untuk mengenal lebih jauh reklamasi dan kegiatan reklamasi di Indonesia bisa akses Ruang Reklamasi sebagai pusat informasi kegiatan reklamasi Indonesia. [Adv.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari

Viu merupakan perusahaan Video On Demand asal Hongkong yang mulai banyak peminatnya di Indonesia termasuk di Bandung. Kehadiran Viu yang berjalan di bawah naungan VuClip ini mencoba memenuhi permintaan pemirsa yang gandrung dengan drama Korea.

Nah, jadi pengguna Kartu Tri jamak yang menerima pesan SMS menginformasikan tentang Pengguna Tri Bebas Menikmati Viu Premium Selama 30 hari nih cuy ... Apalagi pengguna yang juga suka sekali dengan drama Korea.

Lebih kurang seperti ini isi pesannya.
Serial K-drama terbaru School 2017 tayang di Viu! Download sekarang di https://goo.gl/7dSLvy dan bebas nikmati Viu premium selama 30hr khusus pengguna Tri. VuClip dengan Viu-nya ini sudah lebih dahulu beroperasi di negara-negara tetangga Indonesia, seperti; Malaysia, India, Hongkong serta Singapura. Di Indonesia, Viu memiliki 15 ribu jam tayang. Seluruh film berikut serial Asia disediakan dalam teks bahasa Indonesia.

Selain itu, Viu menyediakan semua tayangan dalam waktu delapan jam setelah tayang di…

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017

Daftar Lowongan Kerja CPNS dan BUMN Agustus 2017 - Berikut selengkapnya.
Pendaftaran CPNS Kemenkumham & MA Info: http://bit.ly/karirglobal74

Formasi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Info: http://bit.ly/2tGPoMJ

Formasi CPNS Mahkamah Agung RI Info: http://bit.ly/2tLiJnl

Formasi CPNS Kementerian Agama Info: http://bit.ly/karirglobal5

Formasi CPNS Dosen Info: http://bit.ly/karirglobal88

Lowongan Kerja Bank BNI Deadline: 6 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal87

Lowongan Reska Multi Usaha (PT KAI) Deadline: 9 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal85

Lowongan BUMN PT Brantas Abipraya Deadline: 22 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal83

Lowongan BUMN PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia Deadline: 11 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal81

Lowongan Anak Perusahaan BUMN PT INKA Deadline: 10 Agustus 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal80

Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Deadline: 9 September 2017
Info: http://bit.ly/karirglobal78

Lowongan Fasilitator BPBD Pidie…

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017 - Gunung Wilis merupakan gunung yang masih terbilang tidak aktif (istirahat) sebagai gunung berapi. Letaknya di Jawa Timur memiliki tinggi 2.169 meter di atas permukaan laut (mdpl) ia termasuk dalam wilayah 6 (enam) kabupaten yaitu:
Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek. Di 2017 ini di gunung Wilis akan digelar JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017.

JAVA WILIS COFFEE FESTIVAL KEDIRI 2017 Acara yang akan dilangsungkan di Kawasan Wisata Irenggolo - Kediri selama 2 hari ini dimulai pada 23 hingga 24 September 2017. Masing-masing acara harus membayar uang pendaftaran, sebagai berikut:
Coffee Camp biaya pendaftarannya sebesar Rp100.000 mendapatkan; tenda dan matras, sleeping bag, barbeque, nobar film, kuliner lokal.V60 Battle biaya pendaftarannya sebesar Rp150.000 mendapatkan; tenda dan matras, sleeping bag, hadiah uang tunai, trophy dan produk dari sponsor,Farm Trip …