BLGDNKL ~ Kerjasama? Email ke: blogdangkal@gmail.com

Tips Agar Gigi Sehat

Tips Agar Gigi Sehat - Mulut yang sehat adalah dambaan setiap orang. Tapi perlu diingat, your oral health is about more than a sparkling, white smile. Kamu harus bisa menjaga gigi tetap sehat dengan cara memastikan tidak ada karang gigi ataupun gigi berlubang.

Nah, bagaimana sih cara untuk menjaga agar gigi tetap sehat? Simak artikel istyle berikut ini, yuk!

[1] Hindari menyikat gigi terlalu keras

Salah satu tujuan menyikat gigi adalah untuk menghilangkan plak dan mencegah karang gigi. Namun, jika Kamu menyikat gigi terlalu keras, maka gesekannya justru bisa merobek gusi serta mengikis enamel gigi.

Akibatnya, gigimu akan menjadi lebih sensitif. Selain itu, menyikat gigi terlalu keras juga justru menyebabkan plak gigi menumpuk dan mengeras. Hal ini berpotensi menyebabkan gingivitis atau peradangan gusi.

Sikatlah gigimu dengan lembut serta menggunakan gerakan memutar. Biasanya, durasi yang paling efektif untuk menyikat gigi adalah sekitar dua menit.

[2] Biasakan menyikat gigi sebelum tidur dan setelah makan

Kamu pasti sudah sering mendengar anjuran untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari. Tapi kesalahan yang banyak dilakukan oleh masyarakat adalah kebiasaan menyikat gigi pada saat mandi pagi dan mandi sore.

Padahal, waktu terbaik untuk menyikat gigi adalah setelah makan, terutama setelah mengonsumsi makanan manis, dan sebelum tidur. Menyikat gigi setelah makan akan menghilangkan sisa-sisa makanan yang terselip di gigi.

Tips Agar Gigi Sehat

Makanan yang terselip di gigi ini berpotensi menimbulkan karang gigi serta gigi berlubang. Oleh karena itu, sebaiknya usir sisa-sisa makanan tersebut dengan cara menyikat gigi.

Sedangkan menyikat gigi sebelum tidur bermanfaat menghilangan kuman dan plak gigi yang menumpuk lama sepanjang hari. Perlu diingat, sebaiknya Kamu tidak mengonsumsi makanan lagi setelah menyikat gigi pada malam hari.

[3] Pilihlah pasta gigi berfluorida

Fluorida merupakan unsur alami yang diperlukan tubuh untuk menguatkan enamel gigi. Fluorida juga bermanfaat sebagai pertahanan utama terhadap kerusakan gigi. Oleh karena itu, pastikan pasta gigi yang Kamu gunakan telah mengandung fluorida.

[4] Jangan merokok

Merokok memiliki banyak dampak buruk untuk tubuhmu, termasuk bagi kesehatan mulut dan gigimu. Perlu diketahui, tembakau dapat menyebabkan gigi menjadi kuning serta bibirmu menghitam.

Tidak hanya itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit gusi dan kanker mulut. Oleh karena itu jika Kamu menginginkan gigi yang sehat, maka hindari rokok sekarang juga.

[5] Perbanyak minum air putih

Sudah menjadi rahasia umum bahwa air putih adalah minuman terbaik untuk kesehatan tubuhmu, termasuk kesehatan mulut dan gigi. Dengan banyak meminum air putih, maka akan membantu membersihkan kotoran dan sisa makanan yang menempel pada gigimu. Karena itu, perbanyaklah minum air putih agar kesehatan gigi tetap terjaga.

[6] Kurangi konsumsi makanan manis dan asam

Tahukah Kamu? Makanan manis akan diubah menjadi asam oleh bakteri yang terdapat pada mulut, yang kemudian dapat menggerogoti enamel gigimu. Asam inilah yang menjadi penyebab gigimu cepat berlubang.

Tips Agar Gigi Sehat
[internet]

Tips Agar Gigi Sehat


Tenang, Kamu tidak perlu menghentikan konsumsi makanan atau minuman manis sama sekali. Cukup batasi saja konsumsinya agar tidak berlebihan dan terlalu sering. Pastikan juga untuk banyak minum air putih setelah mengonsumsi makanan dan minuman manis.

[7] Makan makanan yang bergizi

Sama halnya dengan air putih, makan makanan yang bergizi juga baik untuk kesehatan gigi dan mulutmu. Perbanyaklah mengonsumsi kacang-kacangan, buah-buahan, biji-bijian, serta sayuran.

Selain itu, tambahkan susu atau produk turunannya untuk memenuhi asupan kalsium yang diperlukan oleh gigimu.

Bagaimana? Menjaga kesehatan gigi sebenarnya tidak sulit, bukan? Lakukan Tips Gigi Sehat di atas untuk gigimu ya?! [ibd]
Tips Agar Gigi Sehat Tips Agar Gigi Sehat Reviewed by Ade Setiadi Truna on Oktober 29, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

tanpa mengurangi rasa hormat, komentar dimoderasi, ya :)
-
Ingin bekerjasama dengan kami? Sila kirim email ke: blogdangkal@gmail.com


Diberdayakan oleh Blogger.