Header Ads

Inilah 23 Buah dan Sayuran Berkhasiat

Berkhasiat. Makna dari kata tersebut, berpatokan kepada KBBI Daring - berarti ia memiliki kekuatan (kegunaan), manfaat yang luar biasa atau istimewa. Nah, berkaitan dengan artikel Inilah 23 Buah dan Sayuran Berkhasiat, silakan Anda catat yang sesuai dengan buah atau sayuran yang dibutuhkan.

Mari kita mulai dengan ...
  1. Stroberi. Di Jawa Barat sendiri, bisa disebut hanya ada 3 lokasi perkebunan yang memiliki iklim yang cocok untuk berkebun buah ini yaitu; Lembang, Ciwidey serta Garut. Stroberi berkhasiat menghaluskan dan mengencangkan kulit, anti jerawat. 
    buah Stroberi yang tumbuh dengan baik di Ciwidey, Lembang dan Garut.
  2. Rosella Merah. Bila dikeringkan, daun rosella bisa dijadikan pewarna makanan. Seperti warna merah sirup coco pandan, merahnya adalah dari Rosella Merah. Tanaman yang bernama latin Hibiscus Sabdariffa ini bermanfaat menjaga keseimbangan pencernaan, meremajakan sel tubuh, meningkatkan imunitas, melindungi dari infeksi kuman dan virus.
    rosella merah
  3. Habbatussauda. Alias Nigela Sativa atau jinten hitam ini memiliki fungsi ganda yaitu; ini bermanfaat meningkatkan imunitas dan stamina, anti virus, anti jamur, anti bakteri, anti kanker dan antioksidan. 
    habbatussauda
  4. Meniran. Tanaman yang bernama latin Phyllanthus urinaria ini merupakan salah satu jenis tanaman dengan bentuk batang bulat, basah. Tumbuhan yang tingginya tidak lebih dari 50 cm ini sangat baik untuk stamina manusia. Ia mampu mengobati fungsi hati dan memperbaiki saluran pernafasan. 
  5. Zaitun. Dari laman Wikipedia disebutkan bahwa Zaitun merupakan pohon kecil, buahnya bisa dimakan. Apabila buahnya mulai menua, zaitun dapat diperas serta diekstrak menjadi minyak. Buah yang bernama latin Olea europaea ini mengandung omega 3 yang baik bagi kesehatan jantung, otak, pencernaan dan membantu penyembuhan diabet dan kolesterol.
    zaitun
  6. Curcuma. Nama lainnya adalah kunyit atau kunir - tergolong tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman yang mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia hingga Afrika ini bermanfaat guna memperbaiki fungsi hati dan pernafasan.

    curcuma
  7. Wortel. Mengandung vitamin A guna menjaga kesehatan mata. Tanaman sayuran ini pun mengandung Vitamin E yang dapat mengurangi kemungkinan kemandulan. Wortel juga menangkal radikal bebas penyebab kanker.
  8. Bayam Merah. Sayuran ini bermanfaat meningkatkan kerja ginjal dan pencernaan. Selain itu, bayam merah mampu menghalau penyakit disentri.
    bayam merah
  9. Daun Stevia. Tumbuhan ini sangat membantu untuk setiap orang yang tengah menjalankan program diet. Selain itu daun stevia bisa mengatasi penyakit diabetes, mempercantik kulit dan mengatur tekanan darah tinggi.
    daun stevia
  10. Spirulina. Tumbuhan ini merupakan sumber nutrisi terbaik dengan kandungan 100% dari alam. Jamak yang mengenal spirulina dengan menyebutnya sebagai ganggang hijau. Dan ia umumnya digunakan sebagai bahan dasar suplemen atau bahan makanan.
    spirulina
  11. Black Plum. Buah yang bernama latin prunus domestica ini mampu memberantas pertumbuhan kuman atau bakteri juga bisa sebagai antioksidan.
    black Plum
  12. Anggur Hitam. Buah ini berguna untuk meringankan gejala asma, menurunkan kadar asam urat, meredakan migrain dan mengatasi gangguan pencernaan.
    anggur hitam
  13. Daun Sirsak. Nangka Belanda atau durian Belanda (Annona muricata L.) merupakan sebutan lain untuk sirsak. Tidak saja dagingnya yang berserat yang biasa dikonsumsi setiap orang, daun dari tumbuhan yang berasal dari Karibia ini pun daunnya berguna untuk mencegah kanker, ambien, mengobati bisul, penyakit liver, meringankan rematik dan demam.
    daun sirsak
  14. Kulit Manggis. Seperti halnya sirsak, daunnya bisa bermanfaat. Buah manggis pun memiliki manfaat yang mirip. Hanya saja manggis bukan daun melainkan kulitnya yang memiliki manfaat, seperti; memperkuat sistem kekebalan, menurunkan kolesterol LDL, anti kanker dan tumor, antioksidan tinggi serta mampu mengobati diabetes.kulit manggis
  15. Daun Ashitaba. Masyarakat begitu meyakini kalau ternyata khasiat daun ashitaba sudah terbukti. Seperti masyarakat Jepang - misalnya, ia bisa sebagai daun yang akan memanjangkan umur serta mengatasi serangan penyakit.
    daun ashitaba
  16. Blueberry. Blueberry merupakan tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini tumbuh di Amerika Utara dan ia memiliki ukuran sedikitnya 10 cm hingga 4 m. Spesies terkecil dari blueberry disebut sebagai, "bluberry semak rendah (liar), dan spesies terbesar adalah "blueberry semak tinggi".
    blueberry
  17. Blackberry. Kandungan vitamin c yang terdapat dalam kandungan blackberry berjumlah lebih banyak daripada blueberry. Dan kandungan dari blueberry ini mampu melawan sel kanker, melancarkan jalannya perncernaan.
  18. Rosella ungu. Berguna bagi Anda yang begitu antusias mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk menjaga stamin dan daya tahan ?
  19. Beras hitam. Ia memberikan manfaat seperti meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaikinya dan mencegah datangnya sumber penyakit seperti; mencegah gangguan fungsi ginjal.
  20. Royal Jelly. Pembaca tentunya sudah sangat faham dengan royal jelly, bukan?  Ini dia usaoken Imer.
  21. Bee Pollen. Lebah mengumpulkan segala macam antioksidan.
  22. Madu. Hasil dari lebah ini mampu membunuh kuman. 
  23. Kurma. Buah ini memiliki segudang manfaat - misalnya; sangat disarankan diminum bagi yang tengah berupaya meningkatkan HB dan trombosit. [w2/8-ini]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.