Header Ads

Angklung Festival Setiap Minggu Hadir di Dusun Bambu

Angklung Festival Setiap Minggu Hadir di Dusun Bambu - Angklung merupakan alat musik bernada ganda (multitonal) yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya cukup mudah, pembaca tinggal menggoyangkannya maka angklung akan mengeluarkan suara disebabkan oleh berbenturannya antara badan pipa bambu.

Alat musik tradisional yang berasal dari masyarakat Sunda Jawa Barat ini mampu menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, hingga 4 nada per ukuran baik angklung besar maupun yang kecil.

Jonathan Rigg dalam bukunya yang berjudul Dictionary of the Sunda Language yang diterbitkan pertama kali pada 1862 di Batavia, menjelaskan, bahwa:
  • angklung adalah alat musik yang terbuat dari pipa-pipa bambu, 
  • ujung-ujungnya dipotong,
  • angklung menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ, dan 
  • diikat bersama dalam suatu bingkai, digoyang-goyang untuk menghasilkan bunyi.

Angklung Festival Setiap Minggu Hadir di Dusun Bambu

Menyoal angklung, Indonesia patut memelihara seni budaya warisan leluhurnya agar jangan sampai punah atau di-klaim oleh bangsa lain. Setidaknya, masyarakat Jawa Barat perlu merasa bertanggung jawab atas kelestarian angklung ini.

Oleh karena itu, sebagai wujud nyata dari upaya melestarikan warisan para leluhur yang telah menciptakan seni angklung maka di Bandung telah diagendakan Angklung Festival Setiap Minggu Hadir di Dusun Bambu.

Untuk bulan Agustus 2017 sendiri, sudah terdapat rundown atau rangkaian acara yang tersusun dengan jelas lengkap dengan tanggalnya. Pembaca bisa memperhatikan infografik Rundown Angklung Festival Dusun Bambu Bandung Jawa Barat Indonesia berikut ini.

Angklung Festival Setiap Minggu Hadir di Dusun Bambu
Rundown Angklung Festival Dusun Bambu Bandung Jawa Barat Indonesia
Tahukah Anda? Angklung telah terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO pada November 2010. 
Setiap Minggunya, Dusun Bambu menampilkan:

  • Ngangklung Ceria
  • PANDA & Bandung Philharmonic String Quartet  
Adapun di Agustus 2017, Angklung Festival Setiap Minggu Hadir di Dusun Bambu hadir pada tanggal 6, 13, 20, 27. Di mana sih alamat Dusun Bambu? 

Tempat yang merupakan Family Leisure Park yang menawarkan sebuah akomodasi dengan taman dan fasilitas barbekyu terletak di Bandung Utara - lebih tepatnya di Jalan Kolonel Masturi KM. 11, Cisarua, Lembang, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551. Ayo luangkan waktu Anda untuk memperkenalkan seni angklung kepada anak dan keluarga kita! [w1/08-ini]

Tidak ada komentar

tanpa mengurangi rasa hormat, komentar dimoderasi, ya :)
-
Ingin bekerjasama dengan kami? Sila kirim email ke: blogdangkal@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.