Waspadai Penyakit Diabetes Melitus

Ada banyak informasi kesehatan yang menjelaskan tentang definisi dan penyebab penyakit Diabetes Melitus. 
Penyakit Diabetes Melitus adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Penyebabnya adalah terdapat gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin - bisa juga disebabkan adalah keduanya.

Sekarang ini jamak penderita penyakit Diabetes Melitus dari kalangan anak-anak muda. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa penyakit tersebut dapat menyerang semua kalangan - orangtua dan anak  muda, baik laki ataupun perempuan.

Selain faktor genetika alias keturunan, penyebab penyakit diabetes melitus adalah gaya hidup. Mari kita urai satu per satu.
  • Faktor genetika atau keturunan. Pada umumnya, semua orang memahami bahwa kalau ada orangtua dalam keluarga mendertia diabetes maka besar sekali peluangnya bagi penyakit ini diderita oleh anaknya. Langkah yang bisa ditempuh adalah dengan memeriksakan kesehatan diri kita guna memastikan apakah memang ada potensi ataukah tidak menderita penyakit diabetes melitus tersebut.
  • Gaya hidup. Di era moderen seperti sekarang, siapa saja bisa menyaksikan kehidupan yang serba instan, termasuk dalam soal makanan siap saji. Jadi berhati-hatilah dengan konsumsi makanan dan minuman instan. Apa pasal? Sebab makanan siap saji jamak mengandung kalori dan lemak jenuh. Hal tersebut dapat berpotensi munculnya resistensi insulin yang menyebabkan penyakit diabetes. Resistensi insulin terjadi ketika sel-sel tubuh tidak merespon insulin akibatnya penyerapan glukosa menjadi sedikit bahkan glukosa menumpuk di aliran darah dalam jumlah yang banyak.
  • Seringkali mengkonsumsi makanan dengan kandungan kadar gula yang tinggi. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah berusaha untuk meminimalisir frekuensi dari mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi. 

Waspadai Penyakit Diabetes Melitus

Setidaknya ada dua tindak pencegahan yang bisa dilakukan dalam menghindari penyakit Diabetes Melitus, yaitu;
  1. Biasakanlah untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran serta makanan yang berbahan tepung terigu.
  2. Biasakanlah meminum madu asli sebagai pengganti gula yang terdapat pada minuman dan makanan. Sebab biasanya makanan dan minuman mengandung pemanis buatan. Gula alami pada madu mengandung beberapa vitamin, mineral serta antioksidan berlimpah yang baik untuk tubuh manusia.
Madu Asli Baik sebagai Pengganti Gula Mencegah Diabetes Melitus
Madu Asli Baik sebagai Pengganti Gula Mencegah Diabetes Melitus [internet]
Dalam sebuah penelitian terdapat kasus yang menyimpulkan bahwa mengkonsumsi madu selama 8 minggu bisa menurunkan LDL kolesterol buruk dan trigliserida darah pada penderita diabetes. 
Alasan lain kenapa setiap orang harus mengkonsumsi madu sebab madu mampu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah manusia. Sedangkan, tingginya kadar antioksidan dalam darah membantu menurunkan resiko terserang penyakit.

Pembaca, mulai hari ini Waspadai Penyakit Diabetes Melitus! [w4/06-ini]

Komentar

  1. Baru tau madu baik untuk pengganti gula tapi penasaran sama rasanya.

    Sekarang kebanyakan DM datang dari gaya hidup yang jauh dari sehat. Ketika sudah kena DM viasanya sulit untuk sembuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya madu mengandung pemanis alami. rasanya ya seperti madu asli lainnya tapi memang ada ciri khas sih yang dimiliki madu tropis brazil.

      Kasihan ya - orang yang mengidap DM sulit sembuh :(

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer