Header Ads

Batik Asli Asal Garut

Di Bandung dan tempat-tempat lain pun sama - setiap 2 Oktober masyarakat merayakan Hari Batik Nasional. Maka di hari tersebut, tidak jarang kita melihat di masyarakat begitu Bangga Pakai Batik Indonesia. Mulai dari pejabat pemerintah, BUMN, Seniman, Mahasiswa dan pelajar serempak mengenakan batik dalam menjalankan aktifitasnya.

Bangga Berbatik telah melekat dalam hati sanubari masyarakat di Indonesia. Ini berarti menandakan keberhasilan para seniman budaya tradisional khususnya batik dalam memperjuangkan hingga tetap lestari sampai dengan hari ini.

Berbicara batik sebagai bahan sandang baik untuk keperluan sehari-hari atau pun untuk keperluan yang khusus, memakai batik kini telah menjadi sebuah kebanggaan. Hingga kini batik di Indonesia sudah melewati fase perkembangan desain sebagai dampak dari adanya perpaduan ragam budaya yang pernah singgah di Nusantara.

Penyebaran Batik Indonesia terdapat di daerah-daerah yang tentunya sangat signifikan menghasilkan kain batik. Untuk di pulau Jawa kita bisa menyebut nama-nama kota seperti; Yogyakarta, Surakarta, Pekalongan, Cirebon, Tasikmalaya serta Garut.

Batik Asli Asal Garut 

Garut merupakan salah satu penghasil batik yang menonjol di Jawa Barat. Ia cukup terkenal yang sampai dengan hari ini mampu memproduksi kain batik dengan corak serta wama yang khas. Perkembangan batik Garut nampak pada motif; warna, bahan, fungsi dan pemasarannya, redaksi sempat mewawancarai salah seorang pengrajin batik bernama Teh Ai. Menurutnya, batik asli asal Garut memiliki corak yang beragam.

Salah satunya adalah corak sawarna, yang berarti satu warna. Batik sawarna hanya menampilkan batik dengan satu warna saja dan bahan dasar putihnya sengaja dipertahankan (tidak diubah dengan warna lain atau ada penambahan warna lain).

Ada juga batik cap asli Garut yang menampilkan lebih dari satu corak warna dalam selembar bahan. Teh Ai selalu menggunakan bahan kain berkualitas, salah satunya adalah kain khusus batik. "Saya menggunakan bahan katun prima garuda dengan ukuran 2,3 meter (panjang-red) dan 1,15 meter (lebar-red)," jelas Ai.

Berdasarkan kajian ilmiah yang sudah dilakukan oleh mahasiswa STISI Telkom, hasil karya budaya Jawa Barat khususnya Garut bisa diambil kesimpulan bahwa, batik asli asal Garut senantiasa menampilkan unsur-unsur rupa dengan aspek historisnya yang kuat.

Pengrajin seperti teh Ai bisa disebut pula dengan seniman berbakat sebab penerapan karya kreatif yang dituangkan dalam batik memerlukan teknik (skill) yang tinggi selain kepekaan batin serta keuletan (kesabaran).

Pada awalnya, batik asli asal Garut dipakai untuk memenuhi kebutuhan sandang yaitu sebagai sinjang (bahasa Sunda) atau jarit (bahasa Jawa) sebagai penutup aurat wanita bagian bawah (rok).

Kini seiring perkembangan fashion, kain batik asli Garut pun takluput dari perhatian para perancang busana. Sehingga kini tersebar busana modis dan trendi dengan menggunakan bahan batik asli Garut baik untuk laki-laki atau perempuan, tua maupun muda.

Anda tertarik dengan Batik Asli Asal Garut? Silakan kunjungi fanpage-nya di sini. Ada beragam pilihan batik dengan harga-harga yang bervariasi. [w4/06-ini]

Batik Asli Asal Garut
Batik Asli Asal Garut 

Tidak ada komentar

tanpa mengurangi rasa hormat, komentar dimoderasi, ya :)
-
Ingin bekerjasama dengan kami? Sila kirim email ke: blogdangkal@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.