Header Ads

Perusahaan Fintech yang Kian Marak Hadir di Indonesia

Informasi berikut ini masih terbilang mutakhir yang dirilis oleh portal khusus bidang teknologi internet termasuk perkembangan bisnis stratup di Indonesia. Melansir informasi yang disebutkan oleh Tech in Asia Indonesia dalam tajuk utamanya menulis Berita Startup Teknologi di Indonesia Minggu Ini 7 Januari 2017.

Mereka mencoba mengetengahkan menghadirkan ulasan-ulasan mengenai perkembangan bisnis startup Indonesia di tahun lalu selama dua minggu terakhir. Menurut laporannya, pada 2016 - yang paling dominan isu yang berkembang mengenai berita bisnis e-commerce, transportasi online, hingga FinTech.

Perusahaan Fintech yang Kian Marak Hadir di Indonesia

FinTech merupakan istilah yang disandingkan saat mennyebut bisnis teknologi keuangan dalam jaringan (online). Dan ini merupakan akronim untuk Financial Technology, artinya sebuah inovasi pembiayaan keuangan yang menggunakan pemanfaatan teknologi sebagai infra struktur pendukungnya.

Dewasa ini perusahaan fintech di Indonesia didominasi aneka macam startup dengan kekurangan serta kelebihannya masing-masing serta memiliki potensi besar sebagai sumber pendanaan untuk modal usaha.

Dengan potensi besar perusahaan FinTech di Indonesia, tak heran bila mulai banyak pelaku keuangan yang tertarik untuk mendirikan usaha digital tersebut.

Di Indonesia sendiri, perusahaan FinTech memiliki banyak jenis, diantaranya; peminjaman (lending), pembayaran, perencanaan keuangan, riset keuangan, dan masih banyak lagi.

Dengan jumlah penduduk mencapai 200 juta jiwa, dan status negara berkembang, menjadi potensi keuntungan tersendiri bagi perusahaan FinTech di Indonesia. Sebab, kebutuhan modal dari sektor UKM yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional sekaligus menjadi instrumen penting bagi perusahaan FinTech di Indonesia.

Menyoal tentang Perusahaan FinTech yang Kian Marak Hadir di Indonesia, berikut ini 5 (lima) FinTech Terbaik yang ada di tanah air:

[1] Bareksa (Investasi)

Kini jamak dari pemegang modal yang memiliki ketertarikan untuk investasi di Indonesia. Yang menjadi daya tarik para investor tersebut rupanya adanya kemudahan layanan berbasis teknologi. Dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun merestui bagi perusahan FinTech di Indonesia, yaitu Bareksa untuk menjadi sebuah perusahaan teknologi pertama di Indonesia yang menjual efek reksa dana (APERD) secara online ke nasabahnya.

[2] Veritrans (Pembayaran/Payment)

Indonesia saat ini pun tengah diramaikan dengan munculnya pelaku bisnis startup bidang FinTech, khususnya jasa pembayaran. Salah satu yang dinilai terbaik adalah Veritrans.

[3] Dompetku Indosat Ooredoo (Pembayaran/Payment)

Di posisi ketiga bisnis startup yang dinilai memiliki reputasi terbaik adalah Dompetku dari Indosat Ooredoo.


Perusahaan besar ini sepertinya mulai fokus untuk ambil peran dalam industri finansial. Indosat Ooredoo via aplikasi Dompetku tengah menjalankan bisnis dan mencari peruntungan menggunakan sistem mobile payment company.

[4] DuitPintar (Situs Pembanding Produk Keuangan)

Walaupun secara umum kelihatan sama dengan jamaknya perusahaan FinTech lain yang ada di Indonesia. Namun DuitPintar sebagai situs keuangan menggapai kesuksesan sebagai salah satu yang terdepan dalam bisnis startup di bidang pembanding produk keuangan.
Ekspektasi pengguna DuitPintar sangat berharap bahwa aplikasi terbaik ini mampu menjadi pembanding dan memberikan solusi. Pada akhirnya masyarakat bisa teredukasi dengan paparan yang diberikan oleh DuitPintar

[5] Amartha (Peminjaman/ P2P Lending)

Amartha hingga hari ini sudah menggelotorkan modal sebesar 30 milyar rupiah agar dapat menjadi startup bisnis FinTech. Amartha saat inimenyandang status sebagai startup yang memiliki konsentrasi bisnis di bidang layanan pemberian pinjaman khususnya bagi masyarakat pedesaan di Indonesia. Pada akhirnya, dengan upaya yang sudah dilakukan selama ini membuat Amartha masuk ke dalam kelompok bisnis social financing.

Amartha memiliki tekad yang bulat sebagai startup yang mampu membangkitkan usaha kecil bagi masyarakat pinggiran. Dan faktanya, sudah ada catatan bahwa perusahaan startup ini sukses menyalurkan modal pada lebih dari 20 ribu nasabah dalam kurun waktu kurang lebih dari 6 tahun.

Itulah sekilas informasi dunia FinTech di Indonesia. Semoga artikel Perusahaan Fintech yang Kian Marak Hadir di Indonesia ini bisa menambah wahana literasi Anda tentang teknologi keuangan digital yang berkembang di tanah air. [w4/12/2016_IBD]

Rujukan:
id.techinasia.com/berita-startup-teknologi-di-indonesia-7-januari-2017
amartha.com/blog/5-perusahaan-fintech-p2p-lending-terbaik-di-indonesia-berdasarkan-jenisnya/

Tidak ada komentar

tanpa mengurangi rasa hormat, komentar dimoderasi, ya :)
-
Ingin bekerjasama dengan kami? Sila kirim email ke: blogdangkal@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.