Header Ads

Resep Masakan Indonesia

Bagi umat Islam, belum lama rasanya kita merayakan pesta hari raya Qurban. Dan pada hari raya tersebut, semua rumah dari keluarga muslim - serempak mengolah daging untuk dijadikan sajian makan, baik pagi, siang atau malam dengan menu berbahan daging.

Banyak sekali variasi resep masakan Indonesia yang berbahan daging baik kambing atau sapi. Dan salah satu Resep Masakan Indonesia yang menarik untuk dibahas pada artikel kali ini adalah Sayur Daging Bumbu Kari.

Karena memasak sayur daging bumbu kari bisa dilakukan dengan mudah maka pembaca hanya perlu memperhatikan beberapa hal sederhana. Seperti menyimpan daging di freezer atau memakai panci presto agar daging empuk saat resep sayur daging bumbu kari selesai dibuat.

Seperti sepele, tapi bila tidak diperhatikan akan membuat daging menjadi keras saat diolah atau membusuk karena tidak disimpan dalam pendingin. Baik, guna menghasilkan daging yang gurih dan empuk, perhatikan cara memasak resepnya berikut ini.
  • Siapkan daging 300 gram saja, lalu siapkan pula beberapa bumbu untuk tumisnya, seperti;
  • Bawang putih = 5 siung,
  • Cabe merah besar = 1 buah lalu potong-potong menjadi 1 cm,
  • Cabe hijau besar = 1 buah lalu potong-potong juga menjadi 1 cm,
  • Bawang merah = 10 siung,
  • Cabe kering = 3 buah lalu haluskan,
  • Kari bubuk = 2 sdt,
  • Santan = 1/2 batok kelapa atau 300 ml
  • Gula pasir = 1/2 sdt,
  • Garam = 3/4 sdt,
  • Minyak = 2 sdm untuk menumis,
  • Royco Sapi = 1 sachet (10 gram).
Selanjutnya, pengolahan daging untuk memasak salah satu resep masakan Indonesia; sayur daging bumbu kari. Pertama-tama, potong atau iris daging dengan bentuk sesuai selera Anda sebagai juru masak.

Agar menghasilkan rasa empuk yang merata di semua potongan daging, maka jangan lupa untuk memotong atau mengiris daging dengan ukuran serta ketebalan yang sama, jangan sampai sebagian tebal atau sebagian besar.

Setelah selesai memotong daging, cucilah daging yang sudah dipotong-potong tadi dengan menggunakan wadah. Jangan lupa pula untuk membersihkan dengan seksama kotoran atau serat-serat yang menempel pada daging.

Jika sudah benar-benar bersih, angkat dan tiriskan daging bersih tersebut kemudian masukkan ke dalam wadah dan tutupi daging dengan tutup panci.

Selanjutnya, nyalakan kompor dan tempatkan panci presto di atasnya lalu masukkan semua daging ke dalam presto, masaklah hingga lunak (sekira 20 menit lamanya).

Setelah daging menjadi lunak dimasak menggunakan presto, tuangkan semuanya ke dalam wajan. Sebelumnya oleskan minyak pada wajan dengan merata, setelah wajan panas masukkan semua bumbu tumisan yang sejak awal dipersiapkan. Lakukan hingga merata atau hingga semua bumbu dan rempah-rempah layu dan memunculkan wangi atau bau sedap menyeruak dari wajan.

Apabila sudah sedap aromanya, langkah selanjutnya adalah kita masukkan daging ke dalam wajan yang sudah berisi kuah dengan bumbu yang mengundang selera. Aduk hingga merata sampai warna daging menjadi berubah warnanya karena sudah tercampur bumbu yang meresap ke dalam daging alias berwarna kecoklatan.

Kemudian langkah selanjutnya adalah memasukkan santan ke dalam olahan daging. Supaya santan menghasilkan air kari yang baik, aduklah terus-menerus adukan santan hingga mendidih dengan perlahan.

Sesekali Anda cicipi olahan kuah dan daging yang telah diaduk bersama santan, bila dirasa masih kurang sedap, tambahlah bumbu ke dalam olahan resep masakan tersebut sampai rasanya benar-benar pas.

Terakhir, pastikan sayur daging bumbu kari benar-benar matang dan pas rasanya dan siap untuk disajikan.

Dan ini dia hasil olahan resep yang tertulis di atas setelah kami praktekkan ...
Resep Masakan Indonesia: Sayur Daging Bumbu Kari
Selamat mencoba! [w3/09_IBD]

Tidak ada komentar

tanpa mengurangi rasa hormat, komentar dimoderasi, ya :)
-
Ingin bekerjasama dengan kami? Sila kirim email ke: blogdangkal@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.