Header Ads

Kehamilan 7 Bulan

Dalam sebuah rubrik tentang Kehamilan pada sebuah portal berita daerah, disebutkan, "Ibu dokter, saya wanita berusia 30 tahun. Saat ini saya tengah hamil anak pertama, usia kehamilan 7 bulan. Sekarang ini saya merasa terganggu sekali dengan kondisi kuli, hampir di seluruh tubuh saya muncul gatal serta bentol-bentol apalagi pada bagian perut dan rasanya gatal banget. Keadaan ini sudah terjadi semenjak usia kehamilan masuk bulan ke-4. Saya merasa terganggu sekali dengan kondisi ini, pasalnya di samping saya merasa gatal, saya pun tidak bisa tidur dengan pulas. Pada kulit saya yang gatal dampaknya menjadi hitam.

Kehamilan 7 Bulan
Kehamilan 7 Bulan
Pertanyaan saya, apakah ini semacam gangguan kulit? Berbahayakah? Dan apakah mengganggu kondisi janin bayi saya? Saya merasa sangat khawatir, dok. Dan apabila kelak kalau anak saya lahir, kulitnya akan seperti saya. Apakah penyakit? Adakah obatnya? Sebab, saya pernah mendapat informasi, ibu hamil dilarang minum obat sembarangan. Terima kasih ~ Wiwin"

Jawaban untuk Wiwin dari Dokter, sebagai berikut.
Di samping membawa kebahagiaan keluarga, kehamilan terkadang memunculkan masalah. Dalam masa kehamilan, biasanya terjadi perubahan metabolisme serta perubahan siklus hormonal. Serta sering terjadi perubahan kondisi tubuh, begitu pula pada kulit wanita hamil. Setiap bumil, tubuhnya akan bereaksi dengan membentuk perubahan dan memproduksi hormon kehamilan guna mendorong supaya janin tumbuh dan berkembang dengan baik serta sehat.

Beberapa hormon yang dimaksud pada keterangan yang diuraikan sebagai jawaban atas pertanyaan ibu Wiwin, antara lain:

  • hormon progesteron, 
  • hormon estrogen, 
  • HCG (Human chorionic Gonadotrophin),
  • hormon HPL (Human Placental Lactogen), 
  • hormon relaxin, 
  • hormon MSH (Melanocyte stimulating hormone). 

Hormon-hormon tersebut di atas bakal meningkat pada saat kehamilan, pasalnya diperlukan guna perkembangan janin dan persiapan kelahiran dan menyusui. Meskipun begitu, peningkatan hormon itu pun berdampak perubahan pada kulit serta keluhan gatal seperti pada keluhan yang ibu Wiwin alami.

Gangguan kulit gatal pada bumil sangat mengganggu, reaksi yang timbul taksaja badan lebih cepat terasa gerah, akibatnya badan sering terasa gatal akibat biang keringat, tetapi masih ditambah lagi dengan rasa gatal di seluruh badan.

Keluhan ibu Wiwin berupa bentol-bentol serta gatal pada badan khususnya bagian perut lazim terjadi pada ibu hamil. Apalagi pada primigravida di trimester 3 kehamilan.

Penelitian-penelitian mengindikasikan bahwa kondisi seperti yang dialami oleh ibu Wiwin terjadi 1 di antara 120 kehamilan. Indikasi ini merupakan sebuah penyakit yang dikenal sebagai erupsi polimorfik pada kehamilan. Dikenal juga sebagai Pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy.

Adapun manifestasi kulit yang menimbulkan beberapa papul eritem, dapat bergerombol serta tersebar di bagian perut, pantat, paha serta lengan atas. Beberapa papul itu menjadi satu membentuk plak urtikaria.

Keluhan yang sangat mengganggu pada kondisi tersebut yaitu munculnya rasa gatal yang luar biasa, akibatnya ibu Wiwin tergerak untuk menggaruk dan dampaknya timbul ekskoriasi atau lecet maupun hiperpigmentasi pasca inflamasi.

Tapi tidak perlu dianggap serius, sebab gangguan kulit tersebut bisa kembali pulih dengan spontan lebih kurang sepuluh hari pasca melahirkan dan dapat pula permanen untuk beberapa bulan setelah melahirkan. Erupsi polimorfik pada kehamilan ini kecil kemungkinannya untuk terulang pada kehamilan selanjutnya. Akan tetapi bila muncul pun umumnya dengan manifestasi klinis yang lebih ringan.

Jadi penyakit ini tidak berbahaya, baik pada ibu yang hamil ataupun bagi janin yang dikandung. Serta samak sekali tidak ada hubungan dengan kelainan bawaan pada bayi, maupun menyebabkan kecacatan pada bayi.

Oleh karena itu, ibu Wiwin tidak perlu khawatir dengan kondisi janin yang tengah dalam kandungan pada suatu saat akan menderita penyakit kulit seperti yang ibu derita.

Itulah penggalan contoh yang terjadi pada ibu hamil dengan Kehamilan 7 Bulan. Mungkin saja contoh ini bisa dialami oleh pembaca yang tengah hamil dengan usia seperti ini.

Untuk Anda yang ingin membaca hal lain seputar kehamilan 7 bulan, silakan buka saja portal resmi Lactamil. Di sana akan dijumpai perihal usia kandungan 7 bulan dengan keadaan yang dkuatirkan oleh bumil. [w4/09_ibd]

----
Sumber: http://www.pontianakpost.com/gangguan-kulit-saat-kehamilan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.