Header Ads

Perumahan Murah Perumnas

Perumnas merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berbentuk Perusahaan Umum (Perum). Keseluruhan sahamnya dimiliki oleh Pemerintah.
Perumahan Murah Perumnas
Perumahan Murah Perumnas
Tujuan dibentuk Perumnas adalah sebagai solusi pemerintah dalam menyediakan perumahan yang layak bagi masyarakat menengah ke bawah.

Dalam menjalankan roda usahanya Perumnas memiliki visi dan misi, yaitu, "Menjadi Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat Terpercaya di Indonesia".

Adapun misi yang diemban oleh Perumnas ada 5 (lima) poin, yaitu:
  1. Mengembangkan perumahan dan permukiman yang bernilai tambah untuk kepuasan Pelanggan. 
  2. Meningkatkan professionalitas, pemberdayaan dan kesejahteraan Karyawan. 
  3. Memaksimalkan nilai bagi Pemegang Saham dan Pemangku Kepentingan lain. 
  4. Mengoptimalkan sinergi dengan Mitra Kerja, Pemerintash, BUMN dan Instansi lain. 
  5. Meningkatkan kontribusi positif kepada masyarakat serta lingkungan
Perjalanan Perumnas dalam usaha yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat menengah ke bawah yang ingin memiliki rumah pribadi terbilang cukup panjang.

1974 - 1982: Perumnas menjalankan misinya untuk pertama kali dengan membangun perumahan rakyat menengah ke bawah beserta sarana dan prasarananya. Mulai dari Depok, Jakarta, Bekasi hingga meluas sampai ke Cirebon, Semarang, Surabaya, Medan, Padang serta Makassar.

1983 - 1991: Yang pada awalnya Perumnas hanya membangun rumah sederhana, pada 1983 BUMN ini mulai membangun rumah susun sederhana. Dengan tujuan ingin mendukung program peremajaan perkotaan.

1992 - 1998: Periode di mana Perumnas membangun hampir 50% dari total pembangunan rumah nasional. Yang mendorong terjadinya lonjakan produksi perumahan ini adalah adanya program pemerintah yang menargetkan pembangunan rumah sederhana (RS) dan Rumah Sangat Sederhana (RSS) sebanyak 500 ribu unit.

1999 - 2007: Setelah terjadi krisis moneter di tahun-tahun sebelumnya, berakibat melemahnya daya beli masyarakat menengah ke bawah dalam pembelian rumah tinggal. Karena itu, Perumnas melakukan strukturisasi ulang yang sehubungan pinjaman perusahaan serta penurunan dalam capacity building. 

2008 - 2009: Terjadi pencapaian target yang positif dari Kinerja Perumnas sebesar 300%. Capaian ini lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Dan pada periode ini pula Perumnas menjadi pionir dan yang terdepan dalam urusan pembangunan Rusuna 1.000 Tower.

2010 - 2015: Periode yang menjadikan Perumnas sebagai pelaku utama penyedia perumahan dan permukiman di Indonesia. Dalam upaya menjadikan Perumnas sebagai National Housing & Urban Corporation, membuahkan agenda Pencanangan pembangunan 100 ribu rumah per tahun.

Itulah beberapa periode dari tahun ke tahun yang sudah dilakukan dan diagendakan oleh Perumnas yang bisa disebut sebagai milestone.

Dan kini  masyarakat sudah sepatutnya melek dengan informasi yang ada terutama bagi pembaca yang ingin memiliki rumah pribadi bisa menggali informasi tentang Perumahan Murah Perumnas tersebut. [w5/07_ibd]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.