Header Ads

Penanaman Modal Asing Indonesia

Berbicara mengenai Penanaman Modal Asing Indonesia, tahun lalu (2015) tercatat bahwa Indonesia diincar oleh investor asing untuk menanamkan modalnya di sini.

Hal ini menjadi alasan bagi Indonesia untuk bisa sedikit bernafas lega sebab bila dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya, negara di era Jokowi-JK seperti sekarang ini, Indonesia mampu menyisihkan negara seperti Thailand, Vietnam serta Malaysia untuk urusan Penanaman Modal Asing Indonesia.

Isu positif ini semakin kuat dengan adanya catatan yang mengindikasikan perkembangan bidang investasi asing di Indonesia yang dirilis oleh BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal).

Kepala BKPM Franky Sibarani menyebutkan bahwa, "Arus investasi asing yang masuk ke Indonesia selama semester I-2015 telah mencapai USD13,66 miliar atau lebih kurang Rp 191,2 triliun."

Dibandingkan dengan beberapa negara ASEAN, Indonesia memiliki porsi terbesar; mampu mencapai 31% dari jumlah seluruh investasi asing yang masuk. Jumlah porsi ini lebih besar daripada jumlah yang dikantongi oleh Vietnam yaitu hanya 17% saja atau sama dengan USD7,53 miliar, begitu pula Malaysia, hanya berkisar 16% sebanding dengan USD7,01 miliar saja untuk periode pertengahan tahun 2015.

Data tersebut di atas mengindikasikan di saat keadaanekonomi global yang tidak baik, Indonesia justru berpotensi menjadi negara target para penanam modal asing khususnya di ASEAN.

Menurut Franky saat dirinya menghadiri konferensi pers perkembangan terkini investasi langsung asing alias foreign direct investment (FDI) di kantor BKPM belum lama ini menyebutkan, "Pencapaian ini mengindikasikan penurunan nilai tukar rupiah dan kondisi perekonimian Indonesia yang seerti jalan di tempat ini masih belum mempengaruhi arus penanaman modal asing Indonesia."

Hal lain yang takkalah pentingnya seputar perkembangan perekonomian Indonesia adalah sebuah survey yang sudah dilakukan oleh The Economist Corporate Network. Dari hasil survey-nya yang diberi judul Investing Into Asia's Reform Landscape: Asia Business Outlook Survey 2015 dinyatakan Indonesia merebut posisi kedua sebagai negara tujuan penanaman modal asing di Asia, sedangkan posisi pertama masih dipegang oleh Tiongkok.

Kini di tahun 2016, sudah tercatat banyak berita tentang perkembangan penanaman modal asing yang masuk ke Indonesia. Setidaknya ada 6 penanam modal asing yang akan memperkuat bisnisnya dengan menggelontorkan anggaran sebanyak US$ 75 Miliar. Pemandangan ini dinilai sangat baik oleh Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri.

Penanaman Modal Asing Indonesia
Penanaman Modal Asing Indonesia [foto: inet]
Bila diuraikan dari nilai penanaman modal asing di Indonesia yang secara umum sudah ditulis pada penjelasan di atas, lebih kurang menjadi seperti berikut.

Investasi US$ 75 miliar adalah nilai yang menjadi bagian dari rencana penanaman modal yang telah menjadi komitmen beberapa investor untuk Indonesia lewat pemerintah, sebut saja Foxconn Technology Group, pemasok Apple Inc, dengan masing-masing mengeluarkan angka US$ 5-10 miliar.

"Rencana penanaman modal asing Indonesia sebanyak US$ 75 miliar mengindikasikan bahwa penanaman modal dapat menjadi pendorong perekonomian Indonesia di masa yang akan datang." pungkas Chatib Basri. [w3/07_ibd]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.